Universitas Diponegoro menyambut kedatangan mahasiswi dari National Institute of Technology, Akashi College (NITAC), Japan pada hari Senin, (26/2). Ms Akari Tokuda, mahasiswi Program Beasiswa Tobitate dari Pemerintah Jepang, disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Koordinator Bagian Kerjasama Sekolah Vokasi beserta Ketua Program dan Dosen Pendamping dari Jurusan Teknik Sipil Sekolah Vokasi. Ms Tokuda akan menjalani program pertukaran di Jurusan Teknik Sipil Sekolah Vokasi Undip selama 3 minggu terhitung tanggal 26 Februari hingga 17 Maret 2018.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa asing menjadi faktor penting dalam upaya internasionalisasi Universitas Diponegoro. Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi Universitas untuk meningkatkan global competitiveness melalui program-program kemahasiswaan bersama partner universities. “National Institute of Technology, Akashi College merupakan salah satu sekolah vokasi terbaik di Jepang yang saat ini menjalin kerjasama erat dengan Sekolah Vokasi Undip. Kedatangan Ms Tokuda adalah langkah awal bagi kerjasama antar institusi di bidang kemahasiswaan. Kedepannya, kita mempersiapkan program pertukaran pelajar, magang maupun studi lanjut bagi para mahasiswa di kedua institusi”, lanjutnya.

Program Tobitate merupakan kerjasama antara The Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology (MEXT) Jepang dan The Japan Student Services Organization (JASSO). Program Beasiswa yang memiliki arti ‘Leap for Tomorrow’ ini, diberikan bagi para mahasiswa Jepang dari Program Vokasi maupun Akademik untuk memperoleh pengalaman pendidikan maupun kebudayaan di luar negeri.

“Ms Tokuda melalui Global Education Center, NITAC memperoleh beasiswa ini untuk menjalani program pertukaran di Universitas Diponegoro selama 3 minggu dan kemudian program internship di salah satu perusahaan di Bandung selama 2 minggu. Selama di Undip, Ms Tokuda akan mendapat pendampingan dari Tim International Office dan Ibu Asri Nurdiana, S.T., M.T sebagai Dosen Pendamping beserta Sdri. Tesalonika BR Ginting sebagai student buddy dari Program Teknik Sipil Sekolah Vokasi”, ujar Anggun Puspitarini Siswanto, ST, PhD, Koordinator Bagian Kerjasama Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. (AS)

Share this :