Site icon Universitas Diponegoro

Pentingnya Pembaruan Regulasi dan Tata Kelola Migas di Indonesia

Tata kelola migas yang benar akan berperan mewujudkan ketahanan dan kemandirian energy. Ketahahan dan kemandirian energy merupakan slah satu prasyarat tercapainya kedaulatan nasional, Hal ini disampakan M Kholid Syeirazi pada kegiatan seminar energi dan diskusi tata kelola migas merah putih di Aula, FPIK Undip Tembalang Rabu (18/4).

Kholid, mengatakan Indonesia bukanlah negara kaya minyak atau gas. Namun, Indonesia kaya dengan berbagai sumber energi, terutama energi baru terbarukan (EBT). “Indonesia adalah negara bauran energi. Dominasi fosil dalam energi mix harus dikurangi dengan memperbesar bautan EBT. Tata kelola migas seharusnya dikoreksikan dengan agenda green energy. Sebagian hasil yang diperoleh dari pengembangan migas harus disisihkan untuk mengembangkan EBT, bukan dihabiskan untuk satu tahun anggaran. Di situlah perlunya pertroleum fund. Tata Kelola migas yang benar akan berperan mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi. Ketahanan dan kemandirian energi merupakan salah satu prasyarat tercapainya kedaulatan nasional.”ungkapnya

“Sejak 2003, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia melampaui produksi. Tahun berikutnya, Indonesia resmi menjadi nett oil importer. Cadangan dan produksi migas yang menurun juga disertai dengan rendahnya partisipasi perusahaan minyak nasional dan tidak berkembangnya infrastruktur energi,” terang Kholid.

“Pertamina hanya menguasai 10 persen dari total cadangan migas nasional. Sementara itu, upaya pemerintah mengarusutamakan gas terkendala infrastruktur yang terbatas, sehingga salah satu dampaknya harga gas menjadi mahal.Rapuhnya ketahanan dan kedaulatan energi di Indonesia, menurut penulis buku ini, M. Kholid Syeirazi, sebagian besar akibat kebijakan tata kelola migas yang buruk.

Sementara itu Wakil Rektor III Undip Budi Setiyono dalam sambutannya mengatakan bahwa persoalan energy tidak akan bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari, maka dari itu bedah buku mengenai tata kelola migas merah putih ini sanga tpenting sekali untuk kita cermati dan kita pahami bersama agar dapat menambah dan memperluas pengetahuan kita mengenai tata kelola migas di negara kita ini.

Share this :
Exit mobile version