Untuk menjamin terserapnya mahasiswa di dunia kerja dan menjadikan calon wirausaha yang matang, Undip meningkatkan softskill mahasiswa menjelang kelulusan dengan mengadakan pelatihan softskill calon wisudawan. Rabu (26/4) pagi di Auditorium FPIK Undip Tembalang.

Salah satu pembicara HR Div. Mgr. FID PT. Indofood CBP Sukses Makmur Didiek Adioetomo mengatakan bahwa IPK 3.0 tidaklah cukup namun harus dilengkapi dengan ilmu/ pengetahuan lain yakni softskill.

“IPK tidaklah cukup karena tuntutan saat ini adalah untuk memenangkan peluang yang sempit, maka kita harus menciptakan sesuatu yang beda. Permintaan SDM cukup tinggi namun SDM yang tersedia kurang sesuai dengan kebutuhan dunia industri”

“Untuk itu mahasiswa harus berfikir secara cerdas dan kreatif dalam melihat seauatu, misalnya melihat produknya, prosesnya atau permintaan pasar”  ujarnya.

Wakil Rektor I Undip Prof. M. Zainuri mengatakan bahwa setelah lulus maka akan secara otomatis tercatat menjadi anggota Undip Career Center (UCC).

“Ketika melamar pekerjaan selain akademis adalah softskill, untuk itulah Undip membekali mahasiswa dengan keterampilan softskill, bukan saat ini saja namun ini merupakan proses sejak awal mahasiswa diterima sebagai mahasiswa baru” ujarnya.

Pembicara lain dalam pelatihan ini adalah HRD Manager PT. APAC INTI CORPORA Enandi Karanawati dan Dosen Psikologi Undip Harlina Nurjahjanti.

Share this :