Dalam rangka memberikan bekal keterampilan untuk menulis dan membuat proposal, belum lama ini Undip menggelar acara Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Program Kreativitas Mahasiswa Penerima Bidikmisi angkatan 2016 pada hari Sabtu,28 April 2018 di Gedung Prof.H.Soedarto, SH Tembalang.

Kegiatan diikuti oleh 1200 mahasiswa Bidikmisi angkatan 2016. Acara dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan, Dr. Agus Setyawan, Eng.,S.Si.,M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa mahasiswa Bidikmisi adalah mahasiswa pilihan yang mampu berprestasi. Undip menerima 30 persen mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi untuk kuliah di Undip, termasuk mahasiswa Bidikmisi.

Untuk mencapai prestasi, mahasiswa Bidikmisi dibekali dengan beberapa pelatihan dan softskill yang mendukung prestasi akademik dan pendidikan karakter. Salah satunya adalah pelatihan penulisan karya ilmiah yang mendukung Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti RI dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang dipelajari di bangku kuliah bagi masyarakat luas.

Tahun 2018, Undip berhasil menduduki peringkat ke-4 terbanyak lolos pendanaan PKM 5 Bidang. Terdapat 140 proposal yang didanai oleh Kemenristek Dikti. Dari 140 proposal tersebut yang selanjutnya akan dilakukan monev internal untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi monev eksternal yang akan diselenggarakan oleh Dikti pada bulan Juli 2018 mendatang untuk ditentukan tim yang berhak maju ke Pimnas ke-31. Pemaparan materi dilaksanakan secara panel oleh 3 nara sumber yakni Dr. Agus Setyawan, Eng.,S.Si.,M.Si. bersama Susatyo Nugroho Widyo Pramono, ST.,MM dan Fahmi Arifan, ST.,M.Eng.

Materi yang disampaikan meliputi prinsip menulis PKM, ketentuan umum proposal PKM, sistematika penulisan PKM  dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan penulisan proposal PKM. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat menyusun proposal untuk diajukan di tahun 2019.(Utami-Humas)

Share this :