Site icon Universitas Diponegoro

Mahasiswa UNDIP Ciptakan Alat Perbaikan Kualitas Listrik Cegah Percepatan Umur Peralatan Elektronik Terintegrasi Smartphone

Permasalahan mengenai kualitas listrik disebabkan oleh faktor daya yang rendah. Hal tersebut dapat menurunkan efisiensi listrik milik pelanggan PLN, mutu listrik rendah karena terjadi drop tegangan serta buruknya kualitas listrik dapat mempercepat kerusakan pada peralatan elektronik yang terpasang karena timbulnya rugi-rugi panas pada penghantar dan peralatan.

Memperbaiki faktor daya dapat mengatasi permasalahan tersebut. Faktor daya merupakan beda sudut fasa antara daya aktif (watt) dengan daya semu (VA). Faktor daya memiliki nilai berkisar antara 0-1. Semakin faktor daya mendekati 1 maka semakin baik kualitas listrik.

Oleh karena itu, Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Diponegoro yaitu Novita Siti Lestari dan Alif Nabiel Luqman dibimbing oleh Dr. Iwan Setiawan, S.T., M.T. pada program kreativitas mahasiswa (PKM-Karsa Cipta) menciptakan alat SMART COPY yaitu alat perbaikan kulitas listrik.

“Alat ini dapat memperbaiki kualitas listrik dengan menggunakan kapasitor bank yang bervariasi sehingga apabila terjadi perubahan beban (peralatan elektronik) pada rumah, SMART COPY dapat langsung menyesuaikan.”,Tutur Novita.

“SMART COPY dibuat berdasarkan permasalahan listrik pada umumnya, yaitu faktor daya yang rendah. Berdasarkan pengujian alat ini mampu memperbaiki faktor daya dari 0,65 menjadi 0,97. Sehingga alat ini mampu memperbaiki kualitas listrik serta dapat meningkatkan efisiensi listrik pada pelanggan rumah tangga”, Jelas Novita.

Menurut Novita alat ini juga dilengkapi teknologi yang canggih berbasis IoT (Internet of Things) yaitu peralatan yang terintegrasi dengan smartphone melalui jaringan internet.

“Alat ini mampu memantau kualitas listrik dan konsumsi listrik melalui smartphone. Sehingga alat ini dapat juga digunakan sebagai upaya penghematan konsumsi listrik.”, Tutur Novita.

Tim Novita berharap teknologi tersebut dapat membantu masyarakat dan pemerintah untuk melakukan upaya penghematan konsumsi listrik. Selain itu menyadarkan pelanggan listrik rumah tangga bahwa kualitas listrik yang buruk dapat mempercepat kerusakan pada peralatan elektronik yang terpasang pada rumah.

(089670983935/ Novita)

Share this :
Exit mobile version