Universitas Diponegoro (Undip) tahun ini menerima 3569 calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN dari 86.316 pendaftar di Undip. Sebanyak 32.223 peserta memilih Undip sebagai pilihan pertama, 31.796  memilih Undip sebagai pilihan kedua dan 22.297 ada dalam pilihan ketiga. Calon mahasiswa yang berminat dan mendaftar di Undip melalui jalur SBMPTN, meningkat 14% jika dibandingkan tahun 2017.

Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Prodi Manajemen, Akuntansi, Fakultas Psykhologi menjadi fakultas yang paling banyak diminati untuk kelompok bidang ilmu sosial humaniora. Sementara Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknik (Sipil) dan Ilmu Gizi, berturut-turut menjadi fakultas yang paling banyak diminati untuk kelompok bidang ilmu saint dan teknologi.

Prof.Dr.Ir.Muhamad Zaenuri, DEA, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan menerangkan bahwa bahwa tingkat peminatan berbeda dengan tingkat keketatan persaingan masuk. Semakin kecil angka prosentasenya, semakin ketat persaingannya. “contoh prodi Farmasi dalam SBMPTN tahun 2018 peminatnya 1788 dan diterima sebanyak 34 orang. Jadi prosentase keketatan masuk ke Prodi itu sebesar 1,95%. Sedangkan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan prodi perikanan tangkap, prosentase keketatannya agak longgar yakni 12%, karena jumlah peminat 350 dan diterima 42 orang” jelas Guru Besar Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan.

Sebelumnya, Undip juga telah menerima sebanyak 2929 calon mahasiswa dari jalur undangan atau SNMPTN. Agak berbeda dengan kepeminatan di jalur SBMPTN, Prodi Manajemen, Akuntansi dan Fakultas Hukum paling banyak diminati untuk kelompok sosial humaniora. Sedangkan kelompok sain dan tehnologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Prodi Informatika dan Ilmu Gizi masih menjadi fakultas dan prodi yang paling banyak diminati. Meski demikian, dari 2929 yang dinyatakan diterima di Undip, yang melakukan daftar ulang sebanyak 2784. “Mereka yang dinyatakan melalui jalur SNMPTN dan tidak melakukan daftar ulang mungkin karena diterima di akademi kedinasan atau tidak sesuai dengan Fakultas/Prodi pilihan pertamanya” terang Prof.Dr.Ir. Eddy Riyanto, Kepala LP2MP Undip.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.MHum yang dihubungi media menyampaikan ucapan selamat pada calon-calon mahasiswa menjadi bagian dari keluarga besar Undip. “Jangan lupa bersyukur pada Alloh yang telah memilih dan memudahkan jalan masuk Undip. Selanjutnya saya sangat berharap dapat menjadi mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi, menjadi diponegoro-diponegoro muda yang mentauladani sifat-sifat Pangeran Diponegoro serta menjadi bagian dari civitas akademika yang menjunjung tinggi nama almamater”kata Rektor yang akrab disapa dengan Prof Yos.

Rektor juga berpesan untuk yang belum beruntung diterima di Undip melalui jalur SBMPTN tahun ini, masih ada kesempatan masuk melalui jalur Ujian Mandiri. “ Undip masih ada kuota 30% dari total calon mahasiswa yang akan diterima untuk jalur Mandiri, silahkan belajar dan bersaing melalui jalur ini” pungkas Rektor. (ND, Humas)

Share this :