Mahasiswa Universitas Diponegoro yang terdiri dari Nanda Al Faizah (Fisika 2016),  Nurwarrohman Andre Sasongko (Kimia 2015), dan Hani Ma’rufah  (Fisika 2016) dibawah bimbingan Prof.Dr.Heri Sutanto, S.Si.,M.Si melakukan penelitian untuk mengananlisis dan memanfaatkan limbah karat besi (Fe3O4) menjadi material magnetik nano Fe3O4 sebagai solusi terhadap penangaan pencemaran lingkungan oleh limbah karat besi (Fe3O4).

“Pada saat ini limbah karat besi atau logam hanya dibuang begitu saja tanpa melihat dampaknya terhadap lingkungan. Bahkan limbah besi seperti atap, bodi mobil, engsel bekas, dan barang-barang yang ada di alam hanya dikumpulkan dan dijual kepada pengepul barang-barang bekas dengan harga jual yang rendah.” Tutur Nanda.

“Korosi pada besi (Fe) yang terjadi di alam dapat menghasilkan oksida besi Fe3O4. Fe3O4 merupakan oksida logam yang paling kuat sifat magnetiknya. Fasa magnetite (Fe3O4) yang terdapat pada besi oksida memiliki sifat magnetik yang baik dan tertinggi dari pada fasa lainnya seperti Fe2O3.” Tambah Nanda.

“ Teknologi-Nano merupakan pembuatan dan penggunaan material pada ukuran yang sangat kecil (1 nanometer setara dengan 10-9 meter). Apabila material Fe3O4 dibuat ukuran nanometer akan mempunyai keistimewaan tersendiri dibanding dengan material makro. Fe3O4 berukuran nano memiliki sifat feromagnetik dan memiliki peluang aplikasi yang luas. Salah satu kelebihan magnetik ini yaitu sifat feromagnetiknya mampu mengabsorbsi gelombang elektromagnetik melalui mekanisme kemagnetan khususnya terhadap atom-atom atau ion-ion logam yang bersifat paramagnetik. Salah satu cara untuk mengubah ukuran Fe3O4 menjadi ukuran nano Fe3Oyaitu HEM (High Energy Milling). HEM adalah proses penggilingan atau penggerusan berenergi tinggi. Rekayasa material nano partikel dengan cara ini mencapai dibawah 10 nm,” Ujar Andre.

Material magnetik nano Fe3O4 memilki nilai jual yang lebih tinggi bila dibandingkan limbah karat besi yang langsung dijual kepada pengepul barang-barang bekas tanpa adanya modifikasi. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat mengurangi masalah pencemaran yang disebabkan oleh karat besi.

Lebih lanjut 08991886127

Share this :