Rektor Universitas Diponegoro bersama Bupati Batang mencanangkan pembangunan kampus PSDKU Batang Rabu 19 Agustus 2020. Kampus tersebut akan berdiri di desa Tumbrep Kecamatan Bandar Kabupaten Batang seluas 9,5 ha. Wakil Rektor Akademik Kemahasiswaan Prof. Budi Setiyono mengemukakan, bahwa diharapkan nantinya kampus dapat menampung sekitar 3500 mahasiswa yang berasal dari prodi S1 Peternakan, S1 Pertanian, S1 terapan Humas, dan S1 terapan Administrasi Perpajakan.

Kampus juga akan dilengkapi dengan Science Edu-Technopark di bidang minyak atsiri. Di tempat tersebut akan dilakukan penelitian dan produksi terbatas produk-produk olahan minyak atsiri seperti parfum, sabun, dan obat-obatan.

Rektor Undip menyatakan Undip berkeinginan menghadirkan kampus yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, tidak hanya dalam bidang pendidikan, tetapi juga mendongkrak potensi ekonomi daerah. “Batang punya potensi minyak atsiri yang cukup besar, sehingga kami berkepentingan untuk mengoptimalkan potensi tersebut sampai pada hilirisasi produk yang bervariasi,” ujar Prof. Yos Johan Utama.

Selain itu, Undip juga akan mengembangkan kampus menjadi laboratorium peternakan domba. “Kita akan jadikan Batang sebagai pusat pengembangan domba nasional,” tambah rektor. Akan dilakukan pelatihan dan inkubasi peternakan domba bekerjasama dengan Asosiasi Peternak Domba Batang.

Sementara itu, Bupati Batang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur karena mimpi lama warga Batang punya kampus akhirnya terwujud.

“Saya selaku Kepala Daerah mewakili warga Batang sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Undip khususnya kepada Prof. Yos yang telah mewujudkan mimpi lama warga Batang untuk memiliki kampus”, terang H. Wihaji, S.Ag., M.Pd.D

Dengan kehadiran kampus PSDKU Undip di Batang tentu akan membawa manfaat besar bagi warga Batang dan akan mempengaruhi banyak hal terutama peningkatan ekonomi warga Batang. Dicontohkan oleh Bupati, tanah di wilayah kampus ini akan di bangun harganya meningkat. Tak hanya itu, kehadiran kampus PSDKU Undip dapat meningkatkan peradaban masyarakat kabupaten Batang di masa mendatang karena kesempatan warga Batang untuk mengenyam pendidikan tinggi bermutu semakin luas dan mudah.