Melihat pentingnya manfaat menabung, mendorong mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) melakukan edukasi disiplin menabung. Benedictus Krisna Putra mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro melakukan edukasi terkait “Pemahaman Pentingnya Disiplin Menabung dengan Output Pemberian dan Pembuatan Celengan” pada Rabu (17/01) yang dilakukan di SDN 2 Wonosari.

Program ini dilaksanakan kepada siswa kelas 2 SDN 2 Wonosari terdiri dari 21 siswa. Kegiatan diawali dengan pemaparan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya menabung. Mahasiswa KKN menjelaskan bahwa menabung dapat membantu anak-anak untuk belajar bertanggung jawab terhadap uang jajan mereka, hidup hemat untuk keperluan yang akan datang, mengatur kuangan sendiri kapan dan berapa banyak uang yang harus ditabung dan dijajankan, disiplin menyisihkan uang jajan, dan menghargai uang.

Suasana kelas ketika kegiatan berjalan terasa penuh semangat. Para siswa antusias mengikuti pemaparan materi tentang manfaat menabung. Di awal acara, para siswa aktif dalam sesi tanya jawab dan fokus memperhatikan materi. Program ini berjalan dengan lancar dan mencapai tujuannya. Para siswa mendapatkan pengetahuan baru tentang pentingnya menabung.

Setelah pemaparan materi tentang pentingnya menabung, para siswa diajak untuk praktik membuat celengan dari kertas karton. Antusiasme dan semangat belajar mereka terlihat jelas dari raut wajah ceria dan sorot mata yang penuh perhatian saat mengikuti langkah-langkah pembuatan celengan. Para siswa dan siswi dengan seksama memperhatikan dan mengikuti instruksi yang diberikan. Proses pembuatan celengan terbilang mudah karena hanya menempelkan berbagai sisi karton yang sudah dipasangi selotip. Para siswa dibimbing untuk menempelkan sisi-sisi tersebut dengan rapi dan teliti agar celengan menjadi kokoh. Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan antusiasme mereka, celengan yang sudah jadi kemudian dibagikan kepada para siswa sebagai hadiah.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini, para siswa dapat memahami tentang apa itu pentingnya menabung, membedakan antara kebutuhan dan keinginan, serta dapat mengetahui manfaat menabung. Melalui praktik pembuatan celengan, harapannya para siswa dapat memulai menabung di rumah masing-masing dengan usaha atau jerih payah mereka sendiri dalam proses menyisihkan uang saku. (Krisna)

Penulis : Benedictus Krisna Putra (Akuntansi – Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Share this :