Universitas Diponegoro jalin kerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang ditandai dengan penandatanganan MoU dan ceremoni penerimaan BRILiaN Scholarship Program 2020. Sebagai salah satu PTNBH di Indonesia, Undip terus menjalin kerjasama dengan perusahaan sebagai mitra dalam mengembangkan SDM unggul dan menghasilkan lulusan siap kerja. Program beasiswa BRI bernama BRILiaN Scholarship Program 2020 adalah beasiswa yang diberikan oleh BRI kepada para mahasiswa berprestasi dari beberapa universitas di Indonesia yang merupakan mitra BRI. Beasiswa ini adalah salah satu sarana rekrutmen BRI untuk mencari calon pekerja potensial yang memiliki talenta unggul. Mahasiswa penerima BRILiaN Scholarship Program nantinya akan dibimbing dalam BFLP (BRILiaN Future Leader Program) dan ketika lulus akan dapat langsung bergabung bersama BRI melalui jalur early recruitment tanpa tes kembali.

Direktur Konsumer PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., Handayani, dalam sambutannya menyatakan bahwa BRILiaN Scholarship Program 2020 adalah bentuk sinergi BRI dengan institusi perguruan tinggi. “Beasiswa BRILiaN ini merupakan penghargaan dari BRI kepada universitas, yang selama ini telah memberi kontribusi bisnis yang baik dengan BRI, yang berupa payment kampus atau kerjasama lain. Diharapkan dengan kerjasama ini, mahasiswa dapat semakin kenal dengan BRI”, tuturnya. Beliau juga menyapa para perwakilan rektorat dari universitas mitra BRI, serta mahasiswa penerima beasiswa yang mengikuti acara ini secara virtual melalui aplikasi Zoom. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU secara virtual oleh Agus Noorsanto yang menjabat sebagai Direktur Hubungan Kelembagaan & BUMN, kemudian dilaksanakan penyerahan beasiswa secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa.

Perwakilan mahasiswa penerima Beasiswa BRILiaN yang hadir secara langsung yaitu Yonathan dari ITB dan Namira dari Universitas Indonesia. Dipandu oleh standup comedian Kiky Saputri beserta host dari BRI, acara dilanjutkan dengan talk show bersama Agus Noorsanto, Jonathan, dan Namira sebagai narasumber. Bertema “Bring Future Here”, BRILiaN Scholarship Program 2020 bertujuan untuk mendidik talent dengan pelatihan sejak masih kuliah sampai bergabung dengan BRI. “Peran BRI dalam menggerakkan roda perekonomian di Indonesia sangat besar, sehingga seiring berjalannya waktu BRI terus bertransformasi menghadapi tantangan-tantangan bisnis. Penetrasi pasar dan efisiensi kerja adalah yang utama. Generasi muda harus punya etos kerja, fokus terhadap tujuan, dan selalu menambah skill”, ungkap Agus.

Para perwakilan mahasiswa mengungkapkan benefit dari BRILiaN Scholarship Program 2020 tidak hanya berupa bantuan finansial tetapi juga pendidikan pengembangan karakter, leadership program, serta dapat bertemu teman-teman dari universitas lain dan dari BRI. Dengan bergabung dalam program ini, Jonathan dan Namira berharap mereka dapat memiliki peran dalam menghadapi bonus demografi dan inklusi keuangan yang akan terjadi pada kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Adapun mahasiswa Undip yang menjadi penerima Beasiswa BRILiaN yaitu Shania Prilia Davanti dan Muhammad Fadhil Widhiantomo dari prodi Hukum, Ande Larista Simatupang dari prodi Akuntansi, Gisti Raisya Ismiartha dari prodi Administrasi Niaga, dan Enovitya Tama Musayyadah dari prodi Teknik Elektro. Undip turut bangga atas prestasi yang mereka raih dan berharap agar para mahasiswa tersebut dapat mengembangkan skill bersama BRI dan membawa nama baik Undip.