Alumni Undip terus berupaya memberikan kontribusi berbagai hal kepada Undip. Salah satu wujud dari kepedulian alumni Undip adalah penyediakan beasiswa bagi mahasiswa Undip. Penyedia beasiswa ini berada di bawah Yayasan Beasiswa Alumni Undip yang diketuai oleh Dharmawan, alumni Fakultas Ekonomi angkatan 1980. Beasiswa ini ditujukkan bagi para mahasiswa Undip yang memiliki kesulitan ekonomi.

Penyerahan secara simbolik beasiswa dari Yayasan Beasiswa Alumni Undip kepada Undip berlangsung pada Senin (15/02). Penyerahan ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Dalam acara ini dihadiri oleh pejabat struktural Undip, pengurus  IKA Undip, serta pengurus Yayasan Beasiswa Alumni Undip. Di antaranya, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D., selaku Wakil Rektor I Undip, Drs. Akhmad Muqowwam selaku Wakil Ketua DPP IKA Undip, Dharmawan, SE., selaku ketua yayasan, para penerima beasiswa, para donatur, serta tamu undangan. Meski digelar secara virtual penyerahan beasiswa secara simbolik ini dihadiri kurang lebih 200 peserta.

Acara dibuka pukul 10.00 WIB. Para peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya serta lagu Mars Undip. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama. Oleh Dharmawan, acara berikutnya berupa pembacaan laporan dari Yayasan Beasiswa Alumni Undip. Sambutan diawali oleh Akhmad Muqowwam yang dilanjutkan Prof. Budi, menggantikan rektor Undip yang berhalangan hadir. Setelah sambutan, masuk pada acara inti yakni penyerahan beasiswa secara simbolis yang dilanjutkan dengan penutupan acara pada pukul 12.00 WIB.

Akhmad Muqowwam dalam sambutannya mengajak agar para alumni Undip bisa ikut andil dalam kegiatan beasiswa. Sementara itu, Prof. Budi mengucapkan rasa terima kasihnya dan menuturkan bahwa kegiatan dari yayasan ini apabila dilanjutkan terus menerus akan memberikan dampak yang besar bagi Undip terutama mahasiswa yang kesulitan secara finansial dapat terbantu dan dapat menimba ilmu dengan nyaman.

Bantuan beasiswa diberikan kepada 80 mahasiswa tersebar dari berbagai fakultas berupa uang tunai sebanyak 500 ribu rupiah setiap bulan. Fasilitas lain yang didapatkan dari para penerima mahasiswa berupa pelatihan berwirausaha. “Kita nanti akan ada pelatihan usaha perikanan dan peternakan. Kita coba untuk berwirausaha agar mereka bisa mendapatkan penghasilan untuk membantu kuliahnya,” ujar Dharmawan ketika diwawancara pada (16/2).

Dharmawan menuturkan jika saat ini terdapat sebanyak 557 donatur yang berasal dari para alumni Undip. Dharmawan juga menjelaskan bahwa Yayasan Beasiswa Alumni Undip tidak hanya menerima donatur dari alumni Undip saja, tetapi terbuka oleh umum. Nantinya, Yayasan Beasiswa Alumni Undip juga akan meningkatkan jumlah donatur agar dapat menambah kuota penerima beasiswa alumni. “Sejauh ini kita ajak teman (berdonasi, red). Mungkin nanti akan mulai mengajak perusahaan-perusahaan. Ya sukarela saja nanti ajak yang lain untuk berkontribusi untuk adik-adiknya,” pungkasnya.

Dharmawan berharap dapat menjangkau para alumni lebih luas untuk bisa menjadi donatur di Yayasan Beasiswa Alumni Undip. “Ya semoga para alumninya semakin banya yang bisa ikut berdonasi dan juga nanti terus bergulir yang sekarang menerima, nanti bisa menjadi donatur. Dan sudah beberapa hampir 5 tahun ini beberapa sudah lulus dan bekerja sudah ikut berdonasi. Semoga bias terus bergulir,” ujar Dharmawan.