SEMARANG – Fakultas Kedokteran (FK) melahirkan 61 lulusan berpredikat cumlaude pada Wisuda ke-162 Universitas Diponegoro (UNDIP) yang digelar secara daring dan luring pada rangkaian acara yang dilaksanakan Rabu-Kamis (19-20/Mei/2021). Para wisudawan yang menyandang predikat terpuji (cumlaude) berasal dari Program Studi Sarjana (S1), Pendidikan Profesi Dokter (PPD), Program Pendidikan Dokter Sepesialis (PPDS), Program Magister dan Program Doktor.

Dekan Fakultas Kedokteran Undip, Prof. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, M. Kes.,Sp.S. (K), mengungkapkan ada 180 orang dari FK yang masuk dalam daftar lulusan di Wisuda ke-162. Pada acara wisuda tahap kedua, Pudjonarko mengucapkan selamat kepada mereka yang telah menyelesaikan studinya. “Ini adalah saatnya Anda untuk mengamalkan segala kompetensi yang telah diperoleh di bangku kuliah. Bangsa dan negara menunggu pengabdian kalian semua,” kata Prof Pudjonarko.

Mengacu pada program studinya, dari 180 orang yang diwisuda, 10 orang dari program S3 (Doktor), 27 orang dari program (S2) Magister, 45 orang dari PPDS, 30 orang PPD, dan 68 orang program S1(Sarjana). Adapun dari 61 yang meraih predikat cumlaude berasal dari program doktor satu orang, dari program magister ada 21 orang, Spesialis 11 orang, Profesi 5 orang dan Program Sarjana 23 orang.

Laporan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof Budi Setiyono PhD, menyebutkan wisudawan dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tertinggi di Fakultas Kedokteran Undip pada periode wisuda ini untuk Program Doktor (S3) diraih oleh Finta Isti Kundarti dengan IPK 3,76; Untuk Program Magister Ilmu Biomedik (S2), IPK tertinggi diraih oleh Krisna Muhammad dengan nilai 3,76;  nilai tertinggi Magister Keperawatan (S2) diraih oleh Maelia Unayah, Imran Pashar, Siti Nafisah, Muhammad Ridlo, dan Adisty Rose Artistin dengan IPK 3,95. Kemudian nilai tertinggi di Program Magister Ilmu Gizi (S2) diraih oleh Firdananda Fikri dan Widia Pangestika dengan IPK 3,91.

Sedangkan untuk Program Spesialis Bedah diraih oleh Sibin Chandra dengan IPK 3,76;  Spesialis Dermatologi & Venereologi diraih Hayra Diah Avianggi dengan IPK 3,91; Spesialis Kedokteran Forensik & Studi Medikolegal diraih Marlion Anthonius Elim dengan IPK 3,77. Kemudian untuk Spesialis Patologi Klinis diraih Nalurita NG dengan IPK 3,83; Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif diraih Fredy Danan Putra Sanjaya dengan IPK 3,81; Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi diraih Rahmatika dengan IPK 3,77.

Adapun untuk Program Pendidikan Profesi Dokter nilai tertinggi diraih Vania Avissa Salsabila dengan IPK 3,89; Program Sarjana Kedokteran (S1) nilai tertinggi diraih Winda Putri Sunjata dengan IPK 3,55; Kedokteran Gigi (S1) diraih Amana Fitria Chusaeni dengan IPK 3,78; Keperawatan (S1) diraih Isna Widya Febyastuti dengan IPK 3,73; dan Program Gizi (S1) diraih Karina Khairunnisa dengan IPK 3,76.

Pada Tahap Kedua Wisuda ke-162, selain Fakultas Kedokteran juga dilakukan wisuda untuk lulusan dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB); Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polisik (FISIP), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), dan Sekolah Vokasi Undip. FIB Undip kali ini melepas 7 orang lulusan Program Magister (S2), 58 orang program (S1) Sarjana dan 4 orang program (D3) Diploma.

Sementara itu wisudawan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP) meliputi, 2 orang program (S3) Doktor, 2 orang program (S2) Magister, 95 orang program (S1) Sarjana dan 2 orang program (D3) Diploma. Dari Fakultas Kesehatan Masyarakat wisudawannya meliputi, 4 orang Program Magister (S2), dan 36 orang program (S1) Sarjana. Sedangkan Sekolah Vokasi terdapat 3 orang Program Sarjana Terapan dan 113 orang program (D3) Diploma.

Pelaksanaan Wisuda ke-162 ini berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor 490/UN7.P/HK/2021 Tanggal 28 April 2021 tentang Pelepasan Wisudawan Program Doktor, Magister, Spesialis I, Profesi, Sarjana, Sarjana Terapan dan Diploma pada Wisuda ke 162 Tahun 2021 Universitas Diponegoro. Dalam prosesi wisuda tahap dua tersebut, terdapat juga wisudawan warga negara asing yaitu Ferouz Chtibi Mannit asal Perancis yang mengikuti program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Joaquina Tavares asal Timor Leste yang mengikuti program Magister Sejarah.

Ketua Senat Akademik  Ketua Senat Akademik, Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D., IPU, dalam pengantarnya mengatakan bahwa UNDIP membuka lebar kesempatan untuk menerima wisudawan maupun wisudawati yang hendak melanjutkan studinya sepanjang memenuhi persyaratan. “Bagi para wisudawan yang hendak terjun ke masyarakat, kami doakan semoga saudara sekalian segera memperoleh pekerjaan sesuai yang dicita-citakan, dan semoga sukses di segala bidang,” katanya.

Prof. Edy berpesan agar wisudawan serta wisudawati menjaga dan menjunjung nama UNDIP dan tidak mencederainya dengan perbuatan-perbuatan yang tercela.  (tim humas)