SEMARANG -Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP), menyelenggarakan seminar internasional secara online, International Conference on Psychological Studies (ICPSYCHE) 2021. Kali ini, Undip melibatkan secara aktif para guru besar dari University of Gdańsk Polandia, khususnya Institute of Psychology yang merupakan bagian dari Faculty of Social Sciences Universitas Gdansk Polandia.

Seminar tersebut dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi, Prof. Ir. Ambariyanto, M.Sc., Ph.D.  dan diikuti oleh kurang lebih 400 peserta dari berbagai negara. Seminar yang berlangsung 24 dan 25 Juli 2021 yang terselenggara atas kerja sama Fakultas Psikologi Undip dengan Institute of Psychology Faculty of Social Sciences, University of Gdańsk, Polandia; diikuti sekitar 400 peserta dari berbagai negara.

Para peserta seminar tidak hanya dosen dan mahasiswa, namun juga para praktisi yang memiliki minat mengikuti perkembangan dunia dalam perspektif ilmu psikologi. Seminar ini juga diikuti oleh peserta international summer course PSYCHE 2021.

Dalam sambutannya, Prof Ambariyanto sangat mengapresiasi terselenggaranya seminar internasional oleh Fakultas Psikologi ini. Dia berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi ajang bertemunya peserta untuk membahas banyak hal yang menyangkut pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.

Adapun mengenai kerja sama dengan Institute of Psychology, Faculty of Social Sciences, University of Gdańsk, Polandia; dinilainya sebagai bentuk jalinan antar perguruan tinggi dalam penguatan menuju world class university.

Pada pembukaan seminar tersebut, hadir Rektor University of Gdańsk, Professor Dr. Hab. Piotr Stepnowski; dan Direktur Institute of Psychology, Faculty of Social Sciences, University of Gdańsk, Prof. Dr. Hab. Paweł Jurek.

Dalam sambutannya, Rektor University of Gdańsk, Professor Dr. Hab. Piotr Stepnowski, mengatakan pihaknya sangat senang bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Undip dalam gelaran ini. Diharapkan selain saling bertukar pikiran, seminar ini bisa dilanjutkan dalam sejumlah kerjasama. Termasuk riset bersama antar dosen, pertukaran mahasiswa, workshop dan seminar-seminar lainnya.

Prof Stepnowski menegaskan, di era global sekarang ini, jalinan kerjasama antar perguruan tinggi antar negara adalah sebuah keniscayaan. Kerjasama tersebut diperlukan dalam penguatan universitas dalam posisinya sebagai world class university.

Ketua Panitia ICPSYCHE 2021, Dr. Ika Febrian Kristiana, S.Psi., M.Psi; mengatakan seminar internasional yang mengusung tema Improving Human Resource Development, Health, Well-Being, and Environmental Sustainabilities in Familial and Societal Settings, merupakan seminar internasional kedua yang berhasil diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Undip. “Inti dari seminar ini adalah bagaimana meningkatkan pengembangan sumber daya manusia, kesehatan, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat,’’ jelasnya.

Seminar ini menurutnya, juga menantang para peneliti, psikolog, pendidik, dan pemangku kepentingan untuk secara kritis terlibat dengan pertanyaan tentang apa yang terjadi dan apa yang dapat dilakukan di banyak tempat yang berdampak pada keluarga, baik di Indonesia maupun internasional.

Sementara itu, Dekan Fakultas Psikologi Undip, Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D dalam wawancara singkatnya memberikan highlight bahwa situasi pandemi Covid-19 saat ini,  tidak menjadi penghalang bagi Fakultas Psikologi Undip untuk menyelenggarakan kegiatan ilmiah bagi seluruh civitas akademika.

Menurut Sawitri, seminar ini bertujuan pula untuk memberikan early international exposure atau paparan internasional awal bagi mahasiswa, meningkatkan wawasan mengenai kesehatan fisik dan mental, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menguatkan jejaring internasional diantara para pemangku kepentingan.

‘’Hal ini sejalan dengan kesesuaian tema seminar internasional dengan sustainable development goals nomor 3 yaitu good health and well-being, nomor 4 yaitu quality education, dan nomor 17 yaitu partnership for the goals,’’ jelasnya.

Seminar ini juga mengundang keynote speaker Prof. Bambang Suryadi, Ph.D; Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kairo, Mesir, serta invited speaker Prof. Dr. Hab. Mariola Bidzan, dari the University of  Gdańsk, Polandia, Prof. Adelinda Candeias, from the University of Evora, Portugal, Dr. Xuewei Chen, dari Oklahoma State University, USA, Dr. rer nat Nurul Ain Hidayat binti Abas dari Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia, dan Prof. Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D dari Universitas Diponegoro, Indonesia. (tim humas)