Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro, Lutfi Asysyifa’ Nur’ Alimah, yang berlokasi di Desa Bener, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang melaksanakan program kerja Psikoedukasi mengenai pentingnya pendampingan orang tua pada anak yang menjalani e-learning dengan menerapkan pengasuhan positif. Program tersebut merupakan program SDG’s yang pelaksanaannya secara door to door agar informasi dan edukasi tersampaikan dengan jelas dan langsung kepada sasasaran, yaitu ibu-ibu yang mempunyai anak yang sedang menjalani e-learning. Harapannya adalah orang tua terutama ibu-ibu dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya pendampingan dan pengasuhan pada anak secara positif serta meningkatkan kesehatan mental keluarga dan memberi pengaruh positif  terutama dalam keharmonisan rumah tangga.

Lutfi Asysyifa’ juga melakukan program lain yakni Social Support sebagai upaya pendampingan kepada masyarakat dalam menghadapi kecemasan yang berhubungan dengan vaksinasi Covid-19 yang bertujuan agar msayarakat mengetahui bagaimana mengatur dan meregulasi diri akan kecemasan, kemudian mampu menerapkan strategi menanggulangi kecemasan yang dirasakan serta menjadikan masyarakat berfikir positif. Sasarannya adalah warga setempat terutama yang belum melakukan vaksinasi  Covid-19 di RT 08 RW 05 Dusun Karang Bolong, Desa Bener.

Pada awal kegiatan KKN ia dan tim telah melaksanakan kegiatan seperti desain Banner 5M, mendesain modul mengenai Penerapan Pengasuhan Positif, membagikan masker, mengikuti kegiatan pelepasan Babinsa Desa Bener sekaligus serah terima jabatan untuk Babinsa yang baru  dan membantu Kadus membagikan sembako pada warga. (Linda Humas)