SEMARANG – Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (UNDIP), Prof. Dr. Suharnomo S.E, M.Si, menyambut mahasiswa baru (Maba) Tahun Akademik 2021/2022 dengan cara yang cair dan kekinian. Dengan bahasa dan gaya kaum milenial, Suharnomo menyambut para maba serta menjelaskan positioning FEB Undip di kancah nasional dan internasional.

Selain itu, Dekan FEB Undip juga memperkenalkan beberapa fasilitas yang tersedia untuk menunjang proses belajar-mengajar, di antaranya adalah Bloomberg Terminals dan Finance Lab. Fasilitas ini adalah hasil kerjasama pertama Bloomberg dengan perguruan tinggi di Indonesia.  “Ada 800 universitas di dunia yang bekerjasama dengan Bloomberg. Kami menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki Bloomberg Financial Lab,” kata Suharnomo, Senin (16/8/2021).

Diungkapkan, Bloomberg Finance Lab FEB Undip memiliki 12 terminal yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa S1, S2, S3, staf pengajar serta peneliti di Undip. Sarana ini memiliki data yang sangat berkualitas, karena itu diyakini akan meningkatkan kemampuan proifesional sivitas akademika yang memanfaatkannya. “Kalau semula untuk mendapatkan data Bloomberg harus ke Singapura, kini FEB Undip sudah menyediakannya,” dia menambahkan.

Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa  The Bloomberg Terminal merupakan software platform yang menyediakan data, berita, dan analisa pasar keuangan secara real-time dan historis yang dapat membantu analisa dan pengkajian para akademisi dan profesional bidang bisnis dan keuangan. Data dan informasi yang disediakan juga penting dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam investasi.

Yang menarik, Kata Suharnomo, Jumat (13/8/2021), fasilitas ini juga menyediakan execution platforms untuk setiap kelas aset, riset, dan jaringan global agar dapat berkomunikasi secara aman dan dapat diandalkan. Mereka yang ingin berkarir di bidang riset keuangan dapat mengakses Bloomberg Market Concepts (BMC), sebuah kursus e-learning bersertifikat, dan juga CFAPRO, sebuah database yang memetakan CFA Institute Candidate Body of Knowledge ke lebih dari 387 fungsi Bloomberg Terminal yang relevan.

Sejak tahun 1999, Bloomberg telah bekerjasama dengan perbankan di Indonesia, dengan perusahaan nasional dan lembaga pemerintah untuk memajukan infrastruktur pasar keuangan Indonesia dan meningkatkan transparansi dan efisiensi, melalui data, berita dan analisis. Pada tahun 2016, platform perdagangan valuta asing Bloomberg diintegrasikan ke dalam sistem pemantauan perdagangan Bank Indonesia secara real-time, SISMONTAVAR, untuk transaksi tanpa batas dan pelaporan pasca-perdagangan.

Pada 2017, Bloomberg meluncurkan analisis reverse repo dan platform perdagangan untuk memperdalam pasar uang Indonesia. Mulai 1 Juni 2018, utang dalam mata uang rupiah Indonesia dimasukkan dalam Indeks Agregat Global Bloomberg (Indeks) untuk pertama kalinya, sehingga data yang bisa dikajian lebih lengkap.

Pada momentum tersebut, selain memperkenalkan fasilitas yang disediakan FEB Undip, juga disampaikan peringkat berdasarkan THE Ranking terbaru. Berdasarkan THE World University Ranking (WUR) terbaru, FEB Undip ada di posisi terbaik ke-3 di Indonesia. “Jadi jangan ragu-ragu untuk berproses diri dengan kita untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan,” katanya. (tim humas)