Semarang, Jawa Tengah (25/08/21). “Hari ini hari yang sangat bersejarah untuk kita semua, kita bersama-sama menjadi saksi dikukuhkannya wisudawan wisudawati dari universitas terbaik di Indonesia, yakni Universitas Diponegoro yang merupakan 1 dari 10 Universitas diantara 4.700 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk world class university ranks”, ungkap Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., dalam Sidang Terbuka Senat Akademik Universitas Diponegoro (Undip) dengan acara Upacara Wisuda ke-163 Tahun 2021 (25/8).

Rektor Undip yang juga menyampaikan agar para wisudawan sepatutnya bersyukur, karena telah menjadi mahasiswa Undip dan berhasil menyelesaikan proses pendidikan yang harus ditempuh.

“Seleksi masuk Undip tidaklah mudah, para wisudawan telah bersaing sangat ketat dengan ratusan ribu pendaftar yang ingin kuliah di Undip. Bahkan untuk seleksi melalui SNMPTN raihan pesertanya 2 besar tertinggi di Indonesia tahun 2020 dan 6 besar tahun 2021. Untuk itu, para wisudawan juga mesti bangga menjadi alumni Undip”, tambah Rektor Undip yang kerap disapa Prof. Yos.

Lebih lanjut Prof. Yos mengatakan banyak pihak meramalkan generasi saat ini yang mendapatkan pendidikan secara virtual, dibatasi hubungan sosial budaya, serta keagamaannya akibat pandemi Covid-19, merupakan generasi yang hilang atau lost generation. Generasi ini menurut dugaan mereka akan memiliki karateristik sebagai generasi yang kehilangan harapan, kehilangan kepercayaan keimanan dan keputusasaan.

“Memang tidak bisa kita pungkiri, perubahan mendadak atau revolusi industri 4.0 dengan disrupsinya beserta terguncangnya dunia dengan covid 19, telah merubah tatanan sosial. Namun kekhawatiran ini bisa teratasi dengan keimanan, dan tentu saja keluarga merupakan modal yang sangat besar dan pilar utama dalam membangun akhlak generasi saat ini”, Prof. Yos menambahkan.

Oleh karenanya para wisudawan harus menjadi sosok yang berkarakter, jangan bersedih, tak perlu terlalu khawatir, atau galau menghadapi kondisi saat ini, tetaplah berpikir positif, perkuat keimanan, dan semoga Tuhan akan memberikan kemudahan dan kelancaran saudara dalam menempuh karier di masa mendatang” pesan Rektor.

Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor I, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D menyampaikan jumlah lulusan periode ini sebanyak 3.101 wisudawan, yang meliputi Program Doktor 26 orang, Magister 294 orang, Spesialis 49 orang, Profesi 65 orang, Sarjana 1.572 orang, Sarjana Terapan 3 orang, serta dari jenjang Diploma 1. 092 orang. Pada wisuda tahap ini terdapat wisudawan dari negara asing yaitu Heesam Dorni, yang bersal dari negara Thailand yang lulus dari program studi Magister Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Shaka Kargbo dari negara Sierra-Leone lulusan Magister Teknik Elektro, Fakultas Teknik. Selain itu pada wisuda tahap I terdapat 52 mahasiswa bidik misi dan tahap II terdapat 109 wisudawan penerima bidikmisi, yang merupakan beasiswa pemerintah bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik dan perlu dibantu untuk meraih prestasi. Pagi hari bersama bunda, minta dibimbing kuliah fisika, akhirnya kalian semua sudah di wisuda, jerih payah tidak sia-sia” terangnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat dan Protokoler Undip, Dr. Agus Suherman,S.Pi.,M.Si. menyampaikan bahwa wisuda ke-163 Universitas Diponegoro dilaksanakan selama 2 hari mulai Rabu s.d. Kamis (25 s.d. 26 Agustus 2021) yang terbagi dalam 4 tahap. “Pada wisuda hari ini, Rektor melantik sejumlah 786 wisudawan pada tahap satu dan 776 wisudawan pada tahap 2”, terang Agus Suherman. “Alhamdulillah acara wisuda tahap 1 dan 2 yang berjalan pada hari ini Rabu (25/8) berjalan lancar”, pungkasnya. (Agus Suherman/Utami-Linda Humas)