SEMARANG- Universitas Diponegoro (UNDIP) menjadi salah satu dari sembilan perguruan tinggi di Indonesia yang terpilih sebagai mintra Tanoto Foundation dalam Program Beasiswa Kepemimpinan TELADAN 2022, suatu program yang bertujuan melahirkan pemimpin masa depan. Selain Undip, mitra Tanoto Foundation lainnya di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya dan Institut Pertanian Bogor.

Para peserta program selain diberikan beasiswa untuk uang kuliah yang dibayarkan penuh hingga semester delapan, juga diberikan tunjangan biaya hidup bulanan serta diberikan berbagai pelatihan kepemimpinan. Kata TELADAN dalam program ini adalah akronim dari “Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan”.

Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation, Aryanti Savitri, mengatakan sasaran program TELADAN adalah mahasiswa semester pertama dari 9 perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation dimana Undip menjadi salah satu yang dipilih. Mahasiswa semester pertama yang memiliki prestasi di berbagai bidang, pengalaman organisasi, serta menunjukkan potensi kepemimpinan yang berintegritas bisa menjadi peserta program ini.

“Bagi mahasiswa yang berminat bisa langsung mengakses formulir pendaftaran di website Tanoto Foundation mulai dari 17 Agustus hingga 30 September, 2021,” kata Aryanti saat dikonfirmasi oleh tim humas, Jumat (27/8/2021).

Menurut Aryanti, Tanoto Foundation percaya pada kemampuan transformatif pendidikan, bukan hanya dalam artian bahwa pendidikan bisa mencerdaskan dan mengubah hidup, tapi juga efek jangka panjangnya terhadap masyarakat. “Kami percaya dengan berinvestasi pada peserta TELADAN, akan membantu untuk melahirkan pemimpin masa depan yang dapat membuat dampak baik yang lebih besar pada bidang dan lingkungannya. Dengan program ini kami berusaha menanamkan nilai-nilai seperti kegigihan, ketekunan, kepedulian pada sesama, dan juga keinginan memberdayakan orang lain,” paparnya.

Dalam skema program yang dirancang, peserta yang terpilih menjadi Tanoto Scholar akan menjalani program kepemimpinan yang dibagi menjadi 3 tahap: program dasar, program lanjutan, dan program persiapan karier. Kepada peserta program Tanoto Foundation juga mendukung kegiatan pengayaan yang mencakup komunitas Tanoto Scholars Association (TSA), Tanoto Scholars Gathering (TSG), lomba penelitian Tanoto Student Research Award (TSRA), kegiatan sosial Pay it Forward, serta program magang, sponsorship, dan juga pembangunan jejaring internasional dalam Global Experiences Program.

Beasiswa Tanoto Foundation membuka peluang mahasiswa program sarjana S1 reguler yang sedang menjalani studi semester pertama di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation. Ada sembilan perguruan tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation, yaitu: Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara.

Mengenai syarat kepesertaan, di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI), Terdaftar sebagai mahasiswa reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra program TELADAN, Memiliki prestasi akademik yang baik dengan minimum nilai rata-rata rapor Kelas XII SMA/SMK/MA adalah 8 dari skala 10, serta memiliki prestasi non-akademik yang meliputi pengalaman organisasi kesiswaan, komunitas sosial, atau terkait lainnya. “Yang pasti tidak tercatat sebagai penerima beasiswa di program lain,” katanya.

Adapun pendaftaran dibuka mulai 17 Agustus sampai dengan 30 September 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs www.tanotofoundation.org/teladan2022. Proses seleksi karena masa pandemi juga dilakukan secara daring. Pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilaksanakan 4-8 Oktober 2021, dilanjutkan dengan asesmen dan interview. Mereka yang terpilih akan diumumkan pada Januari 2022. (tim humas)