Pada tanggal 15 November 2021 Universitas Diponegoro menerima kunjungan dari Tim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam kunjungan terbatas ini, protokol kesehatan ketat tetap diterapkan. Kegiatan ini tidak hanya dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi namun juga sharing knowledge antara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan Universitas Diponegoro (Undip). Peserta kunjungan dari UIN Jakarta antara lain Ketua LP2M Prof. Jajang Jahroni, M.A, Ph.D., Ketua PLKI Drs. Dadi Darmadi, M.A., beserta staf Pusat Layanan Kerja sama Internasional (PLKI).

Acara diawali dengan sambutan oleh Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Undip, Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. dan dilanjutkan dengan paparan mengenai Undip oleh Wakil Kepala KUI, Diastama Anggita Ramadhan, S.H., LLM. Salam jawaban kemudian diberikan oleh Prof. Jajang Jahroni, M.A., Ph.D. dari UIN Jakarta. “Terima kasih kami ucapkan kepada Undip yang berkenan menerima kunjungan kami dan semoga kita dapat bertukar pendapat khususnya masukan mengenai pengelolaan mahasiswa internasional yang ada di Undip” ujar Prof. Jajang Jahroni, M.A., Ph.D.

Diskusi dilanjutkan oleh Drs. Dadi Darmadi, M.A. dengan menyampaikan tiga hal pokok yang ingin dipelajari dari Undip yaitu pengelolaan internasionalisasi, proses penerimaan mahasiswa internasional dan juga mekanisme keimigrasian.

Sesi diskusi menitikberatkan pada strategi branding universitas, khususnya unit-unit terkait yang mengurusi mahasiswa internasional dalam menghadapi masa transisi pandemi Covid-19. Dalam pengelolaan internasionalisasi, dibutuhkan koordinasi antar lembaga dalam suatu universitas guna melakukan promosi untuk menarik minat mahasiswa internasional. Selain pengembangan SDM, mengembangkan hal unik dengan kearifan lokal pada suatu universitas juga dapat menjadi daya jual di pangsa internasional. (DR-AS)