UPT Perpustakaan dan Undip Press dengan Forum Komunikasi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan Universitas Diponegoro (FKP3U) menyelenggarakan Webinar Series 4 dengan tema Teknik dan Kiat menulis di Jurnal Ilmiah (9/3).

Acara dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin. “Webinar ini mengkaji ilmu yang bermanfaat bagi kita, Teknik dan Kiat Menulis di Jurnal Ilmiah merupakan suatu topik yang yang menarik serta kontributif. Tulisan akademik ilmiah berangkat dari persoalan yang kompleks di sekitar kita dan kita harus bisa menciptakan serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan peradaban manusia. Kami sangat berterimakasih atas inisiatif rekan-rekan pustakawan dalam webinar kali ini, semoga menambah knowledge dan kompetensi” tuturnya.

Hadir sebagai narasumber, Dra. Labibah Zain, M.Lis (Dosen Ilmu Perpustakaan/Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga), dalam materinya menjelaskan karya tulis ilmiah terdiri dari Bab I Pendahuluan (latar belakang, masalah dan tujuan), Bab II Kerangka Teori (penjelasan teori yang digunakan untuk melakukan penelitian), Bab III Metode Penulisan (memaparkan metode penulisan yang digunakan, misalnya menggunakan metode penelitian deskriptif), Bab IV Analisis Data (analisis data untuk menghasilkan penemuan seperti yang telah disebutkan dalam tujuan), Bab V Kesimpulan (kesimpulan dan saran). Mengirimkan artikel ke Jurnal perlu memperhatikan ruang lingkup, gaya selingkung, template dan ID.

“Kita mesti mengubah mindset bahwa menulis itu sesuatu yang menyenangkan, bukan sesuatu yang sulit sehingga menciptakan motivasi, kemauan yang kuat, menangkap ide, serius lalu mulai menulis. Ide bertebaran  di mana-mana tetapi kita yang harus menangkapnya, ambil satu per satu, tulis lalu pilih mana yang akan ditulis terlebih dahulu dan olah” ungkapnya.

Lebih lanjut Dra. Labibah menuturkan latihan mencari ide diantaranya dengan memperhatikan  dan mendengarkan lingkungan sekitar serta pengalaman yang paling dekat dengan kita. Sedangkan tips untuk penulis pemula antara lain memahami sesuatu yang disukai, diketahui, yang tengah trend bahkan yang tidak menyenangkan sehingga kita memiliki ide untuk memperbaikinya.

“Langkah-langkah menulis yang pertama adalah mencari ide, menentukan tema, membuat kerangka, menulisnya atau memindahkan yang ada di kepala tanpa peduli apapun  misalnya tata bahasa, ilmiah atau tidak, bagus apa tidak lalu edit dan dirapikan sesuai dengan kerangka yang telah disusun. Selanjutnya riset, yang awalnya masih berupa asumsi, kita cari data-data dengan membaca hasil riset yang berkaitan dengan tema, landasan teori, catat bibliografinya dan masukkan ke draft  lalu edit kembali. Proses selanjutnya adalah Peer Review atau meminta bantuan teman untuk membaca dan mengkoreksi tulisan, edit kembali berdasarkan masukan teman setelah itu  finishing dan publikasikan” terangnya. (Lin-Humas)