Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya ialah momen saat upacara wisuda. Pengalaman suka dan duka saat menjalani perkuliahan akan terbayarkan ketika seorang wisudawan dilantik dalam upacara wisuda. Hal serupa yang tengah dirasakan oleh Astri Ayu Nastiti, wisudawan Bidikmisi yang lulus dengan predikat Cumlaude dari Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro (Undip).

Wisudawati yang akrab disapa Astri ini telah resmi diwisuda pada Kamis, (19/05) di Gedung Prof. Soedarto Kampus Undip Tembalang pada periode Wisuda ke-166 tahap ke-5 yang diadakan secara luring pada 17-20 Mei 2022 yang lalu. Astri yang merupakan mahasiswa Statistika ini berhasil memperoleh IPK 3,94.

Perjalanan awal Astri berkuliah di Undip memang tidak mudah. Berawal dari jalur SBMPTN, Astri diterima menjadi mahasiswa Undip. Astri yang saat itu telah diterima di salah satu perguruan tinggi di Semarang, lebih memilih Undip karena mengikuti hati kecilnya. “Jadi saya masuk Undip melalui jalur SBMPTN, saat itu saya sudah diterima di salah satu perguruan tinggi. Tapi hati kecil saya berkata di Undip saja. Justru ini adalah pilihan terbaik dari Allah untuk saya.” ucap Astri.

Walaupun mengalami kesulitan ekonomi, tidak menyurutkan semangat Astri dalam menjalani masa perkuliahan. Dengan dukungan orang tua dan orang terdekatnya, Astri menyelesaikan skripsinya dan berhasil menjadi orang kedua di jurusannya yang meraih IPK tertinggi.

“Saya masuk dengan beasiswa Bidikmisi dan saya adalah salah satu dari mahasiswa yang mengalami kesulitan di bidang ekonomi. Namun, Alhamdulillah rezeki dari Allah, saya bisa lancar kuliahnya karena Allah ta’ala. Dalam penyusunan skripsi, saya mulai mengambil data sampai dapat data itu 8 bulan loh. Alhamdulillah dosen pembimbing saya sangat mendukung. Saya juga orang kedua yang sidang di angkatan saya, saya juga orang kedua dengan IPK tertinggi di jurusan saya. Saya ngga menyangka, yang saya pilih adalah yang terbaik untuk saya.” jelasnya.

Selain kuliah, Astri juga aktif dalam organisasi BEM selama 3 tahun. Selain itu, ia juga aktif menjadi panitia dalam berbagai event kampus, menjadi asisten dosen, melakukan penelitian dan pengabdian, mengikuti berbagai lomba, dan kerja part time. “Saya selalu ikut Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mulai dari 2018, 2019, 2020, bahkan 2021 juga. Mengikuti program hibah pendanaan FSM penelitian dan pengabdian tahun 2021 dan 2022. Sedangkan kalau perlombaan, saya mengikuti lomba yang berkaitan dengan data dan pernah Juara 1 Lomba Infografis Dokter Data Undip yang diselenggarakan tahun 2020.” ungkap Astri.

“Know your worth. Kita semua berharga di lingkungan yang tepat. Temukan your-own lingkungan, ciptakan kebaikan, dan beranilah mengambil risiko. Semoga apapun pekerjaan kita, tetaplah menjaga integritas yang bersumber dari diri sendiri. Karena semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yg menerpa. Setinggi apapun jabatan, tanpa integritas maka dia akan tumbang.” jelasnya.

“Semoga setelah lulus kita bisa menjadi orang yang berguna untuk bangsa dan negara. Mencapai pekerjaan yang kita inginkan. Menjadi pelopor dalam hal kebaikan. Semoga Undip jauh lebih baik dan terpampang logo Undip dimana-mana.” pungkas Astri.