Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UNDIP perdana menggelar Pelatihan dan Pendidikan Dasar Calon Pegawai Tetap Undip Non ASN (CPTU Non ASN) Angkatan II secara luring sejak pandemi 2 tahun terakhir. Pelatihan diselenggarakan selama 5 hari (18 s.d 22 Juli 2022) dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas CPTU Non ASN periode pengangkatan Agustus 2021 & Oktober 2021 bertempat di Gedung Prof. Soedarto Tembalang Semarang.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum., secara resmi membuka acara pelatihan sekaligus memberikan sambutannya di hadapan 275 peserta (Senin, 18/7). Beliau mengucapkan selamat kepada para peserta dan berpesan “Jadikan ini barokah, jadikan ini kebahagiaan untuk keluarga Anda dan Anda adalah perwakilan yang ada disini”.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum., saat memberikan sambutannya

Sementara sesi sambutan lainnya oleh Wakil Rektor Sumber Daya Prof. Dr. rer. nat. Heru Susanto, S.T, M.M, M.T., menyampaikan bahwa bidang sumber daya dalam menjalankan kebijakan dari Rektor yang mana salah satu program unggulannya adalah mengalih statuskan pegawai kontrak menjadi PU Non ASN. Waktu itu syarat yang disampaikan Rektor yaitu sepanjang pegawainya mau dan memenuhi persyaratan. Pertama SKP-nya minimal baik, kedua ada test yang bila diperhatikan akan sama dari tahun ke tahun dalam seleksinya. “Tetapi yang kemudian kita harus mengapresiasi dari kebijakan Rektor tersebut yakni dengan membalas bagaimana kita berkontribusi didalam mengembangkan atau membesarkan Undip. Jangan bangga kalau Undip itu besar tetapi Undip itu besar karena kontribusi kita” imbuhnya.

“Maka dengan momentum Undip mengalih status kita menjadi pegawai tetap non ASN agar menjadikan kita untuk menjadi lebih baik. Dari yang sebelumnya sudah baik maka harus kita jaga untuk semakin baik dan bila masih belum baik maka harus lebih baik lagi. Tantangan bagi kita sebagai pegawai Undip ketika ditanya apa kira-kira kontribusi kepada Undip dimana nantinya dapat memberikan jawaban dengan kontribusi tersebut. Tidak harus sesuatu hal yang sangat besar tetapi sekecil apapun bisa berkontribusi itu yang kita cari. Pointnya apa yang sudah kita berikan kepada Undip.” pungkasnya.

Pada kutipan laporan Kepala BPSDM, Prof. Ir. Mochamad Arief Budiharjo, S.T. M.eng.Sc, Env. Eng, Ph.D, IPM sempat menyebutkan “Penentuan topik dan materi Pelatihan dan Pendidikan Dasar Calon Pegawai Tetap Undip Non ASN (Latsar CPTU Non ASN) Batch II disesuaikan dengan kurikulum Latsar PNS ditingkat Kementerian. Hanya bedanya yang sekarang menyelenggarakan dari Undip dengan mengikuti pola dari Kementerian. Selanjutnya di setiap kegiatan yang mayoritas di dalam ruangan dan dilaksanakan selama 5 (lima) hari maka ada sisipan kegiatan olahraga oleh panitia berupa pemanasan ringan dan setiap sesinya ada sedikit peregangan untuk menghindari kejenuhan dan mengantisipasi cedera karena terlalu lama duduk” tambahnya.

Diawal acara pelatihan, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum mengusung topik bertema Cintai dan Kembangkan Undip kepada para peserta dengan pemaparan menarik dan interaktif sehingga peserta pun menyimak penuh antusias. Selanjutnya rangkaian agenda Pelatihan dan Pendidikan Dasar Calon Pegawai Tetap Undip Non ASN (Latsar CPTU Non ASN) Batch II diisi berbagai materi berupa Nilai-nilai Dasar PTU Non ASN yang berAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif); Penjelasan Proyek Perubahan Bidang Substantif; Kedisiplinan; Kedudukan dan Peran PTU Non ASN untuk mendukung smart governance; Sistem Kepegawaian Universitas Diponegoro; Kode Etik dan Budaya Kerja; Mengenal Sukses dan Motivasi; Rencana Strategis dan Program Prioritas; Organisasi Undip, Peta Proses Bisnis dan Uraian Jabatan; Manajemen Toleransi; Surat-menyurat Kedinasan; Penilaian Kinerja; Kedisiplinan; Manfaat Teknologi Informasi dalam Menunjang Pekerjaan; Manajemen Data dan terakhir membahas Manfaat Teknologi Informasi dalam Menunjang Pekerjaan. (Diah-Humas)