, ,

Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Pameran Hasil Inovasi di Kabupaten Pemalang

Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tim 1 Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2022/2023 telah menggelar pameran hasil inovasi dan program kerja selama menjalankan program KKN di Kabupaten Pemalang. Pemaparan dan pameran hasil karya ini digelar pada Kamis, 09 Februari 2023 bertempat di Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

Pada kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi dan Kerja Sama beserta rombongan LPPM Undip, sejumlah pejabat daerah setempat seperti Kades, Camat, Perwakilan dari Bappeda, serta dosen pendamping KKN.

Acara secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi dan Kerja Sama Prof. Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc. Dalam sambutannya, Prof. Ambar menjelaskan program KKN merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh mahasiswa untuk mencapai kelulusannya. Selain itu juga akan memberikan beberapa manfaat kepada mahasiswa selaku peserta KKN.

“Ada beberapa manfaat, antara lain adalah bagaimana kita bisa bersinergi dengan teman-teman bidang lain, bekerja sama menjadi satu tim, dan kemudian bisa menghadapi masalah yang nyata di lapangan karena apa yang kita terima di kelas itu akan jauh berbeda dengan apa yang terjadi di lapangan,” jelas Prof Ambar.

Lebih lanjut Prof Ambar menuturkan bahwa jumlah mahasiswa KKN Tim 1 Undip tahun 2022/2023 di Kabupaten Pemalang sebanyak 246 orang yang tersebar ke dalam 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Watukumpul sebanyak 120 mahasiswa, Kecamatan Moga berjumlah 78 mahasiswa, dan Kecamatan Warungpring sebanyak 48 mahasiswa.

Menjelang berakhirnya KKN Tim 1 Undip tahun 2022/2023, Prof Ambar mengungkapkan terima kasih dan memohon maaf kepada masyarakat sekitar apabila terdapat tingkah laku mahasiswa yang kurang berkenan. “Atas nama Universitas Diponegoro kami mohon maaf jika dalam pelaksanaan KKN ini ada hal-hal yang kurang berkenan. Kami izin menarik mahasiswa KKN Tim 1 kembali ke Universitas Diponegoro,” ungkapnya.

KKN Tim 1 Undip tahun 2022/2023 dimulai pada tanggal 03 Januari 2023 dan akan berakhir pada tanggal 16 Februari 2023. Selama 45 hari ini, sebanyak 2.645 mahasiswa Undip melaksanakan KKN di 10 (sepuluh) Kabupaten di Jawa Tengah, salah satunya Kabupaten Pemalang.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan program-program unggulan dari masing-masing desa di Kabupaten Pemalang. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan hasil program-program unggulan tiap desa yang dipamerkan pada masing-masing stan yang mewakili masing-masing desa dari Kecamatan Watukumpul, Kecamatan Moga, dan Kecamatan Warungpring.

Share this :

Category

Arsip

Related News