, ,

UNDIP Duduki Peringkat ke-6 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik versi THE Impact Rankings 2023

Tahun ini, Universitas Diponegoro (Undip) berhasil menduduki peringkat ke-6 Perguruan Tinggi Indonesia versi Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023. Di level dunia, Undip berada di peringkat 201-300 dari 1.591 universitas di 112 negara menurut THE Impact Rankings 2023, di mana penilaiannya berdasarkan 17 poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Develpoment Goals (SDGs). Penilaian Perguruan Tinggi diukur dari empat bidang yaitu research (penelitian), stewardship (penatalayanan), outreach (penjangkauan), dan teaching (pengajaran).

Sesuai salah satu misi utamanya yakni menyelenggarakan pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif, Undip terus mengutamakan kualitas pendidikan di berbagai bidang keilmuan di Undip. Dalam implementasinya, Undip juga mengajak seluruh keluarga besar Undip untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Develpoment Goals (SDGs) yang direncanakan oleh PBB (United Nations) melalui berbagai program. Tujuannya adalah turut aktif dalam membangun bangsa yang sejahtera, demokratis, dan adil dengan pemerataan pembangunan untuk semua orang.

Undip melalui SDGs Center Universitas Diponegoro menghimpun kapasitas intelektual multi-disipliner yang ada di dalam universitas sebagai aset berharga yang dapat memainkan peran strategis dalam mendorong pencapaian implementasi SDGs di Indonesia pada 2030.

Program dan kegiatan terkait Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Develpoment Goals (SDGs) antara lain Environmental Monitoring Projects, Manajemen Pengetahuan dan Disseminasi, Knowledge Partner dan Jejaring, Pemberdayaan Masyarakat, serta Penyusunan Dokumen Kebijakan. Dengan ini, Undip berharap SDGs Center Universitas Diponegoro mampu mewujudkan visinya menjadi pusat unggulan universitas yang mampu berperan aktif dalam mendorong pencapaian SDGs di Indonesia pada tahun 2030.

Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas capaian Undip tersebut. “Hal ini juga sebagai bukti bahwa Undip mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan sebagai kampus hijau, berkelanjutan, dan nyaman untuk semua sivitas akademika dalam kehidupan dan berkegiatan di sekitar kampus, serta sebagai bagian dari implementasi untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan baik di tingkat nasional maupun global (dunia).” ucap Prof Yos.

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait