Tim Karate Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Sebanyak 4 (empat) medali emas, 3 (tiga) medali perak, dan 1 (satu) medali perunggu berhasil diraih pada ajang Gadjah Mada Open Karate Championship 2023 yang digelar 2-4 Juni 2023 di Gelanggang Olahraga (GOR) Pancasila Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Tim Karate Undip yang meraih medali emas antara lain yaitu Farizal Wahyu Adika (FH) pada kategori Senior Kumite +84 KG Putra (Best of the Best), Detrina Sabda Nugraha (FISIP) pada kategori Senior Kata Perorangan Putra, Riskiando Charlos Rihulay (FH) pada kategori Senior Kumite -84 KG Putra, dan Alvito Naufal Akbarsyah (FH) pada kategori Festival Mahasiswa Kumite -84 KG Putra.

Selanjutnya Karateka Undip yang meraih medali perak yaitu Yodi Amara Jati (FKM) pada kategori Senior Kumite -55 KG Putri, Aisya Yudiana Dewi (FISIP) pada kategori U21 Kumite +68 KG Putri, dan Fatchiatuz Zahra (FISIP) pada kategori Senior Kumite -68 KG Putri. Kemudian medali perunggu diraih oleh Meidina Riani Putri (FH), Sahzanan Sarah Safira (FISIP), Fatchiatuz Zahra (FISIP) pada kategori Senior Kata Beregu Putri.

Keberhasilan meraih medali ini tentunya melalui sebuah persiapan yang matang. Selaku ketua tim Karate Undip Hery Candra mengungkapkan bahwa persiapan itu meliputi latihan setiap hari di Student Center selama 1 (satu) minggu sebelum lomba dimulai. Selain latihan bersama, ada pula latihan untuk menjaga fisik, dan meningkatkan kepercayaan serta keyakinan diri untuk menaklukkan lawan.

“Kita tidak mempunyai banyak waktu untuk latihan bersama, dikarenakan padatnya waktu jam kuliah dan latihan yang sering bertabrakan. Tapi selalu kita siasati untuk bisa latihan bersama-sama, kadang kita latihan malam hari juga. Pada hari mendekati pertandingan, kita lebih menjaga fisik. Serta yang utama, yakni meningkatkan kepercayaan dan keyakinan diri untuk menaklukkan lawan. Selain itu, kita harus tahu tujuan mengikuti pertandingan. Saya sangat yakin akan kemampuan teman-teman atlet Undip yang bertanding, kita sangat percaya diri mengikuti Kejuaraan Nasional Gadjah Mada Open Karate Championship 2023,” terang Hery Candra yang juga sebagai Dosen Pembina Karate Undip dan Dosen Fakultas Ilmu Budaya.

Ajang ini juga sebagai tahap awal dalam rangka persiapan seleksi pembentukan tim Jawa Tengah dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) mendatang, sekaligus ajang tryout bagi atlet-atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah pada Agustus mendatang.

Gadjah Mada Open Karate Championship 2023 merupakan kejuaraan yang diselenggarakan oleh UKM Inkai UGM. Melalui kejuaraan ini, diharapkan generasi muda sebagai pembangun bangsa dapat melatih dan menjunjung nilai sportivitas, kesopanan, dan daya juang, serta rendah hati. Kejuaraan ini juga dapat menjadi ajang untuk berprestasi serta melahirkan atlet-atlet yang menjadi kebanggaan Indonesia.

Share this :