, ,

BPK Goes To Campus, UNDIP Bersama BPK RI Menggelar Kuliah Umum

Universitas Diponegoro (Undip) bersama dengan Badan Pemeriksa Keuangan Negara Republik Indonesia (BPK RI) telah menyelenggarakan kuliah umum yang bertemakan “Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara dan Pemberantasan Korupsi” pada Senin, 29 Mei 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hall gedung KWU Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip ini turut dihadiri oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. selaku Rektor Universitas Diponegoro, Dekan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H., M.Hum. dan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si.

Dalam sambutan awal oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. menyampaikan, “cukup prihatin dan menjadi perhatian bahwa masalah akuntabilitas rata-rata bersumber pada ranah hukum. Oleh karenanya kita untuk berhati-hati dengan aturan/hukum.”

Memasuki acara inti dengan narasumber utama yakni Agus Joko Pramono, M.Acc., Ak., CA., CSFA., CPA., CFrA., QGIA., CGCAE, selaku Wakil Ketua BPK RI memberikan pengalaman dan pemahaman mengenai Badan Pemeriksa Keuangan terutama perihal akuntabilitas pengelolaan keuangan negara di Indonesia.

Adapun narasumber kedua yakni Dekan Sekolah Pascasarjana Undip Dr. R.B. Sularto, S.H., M.Hum. mengangkat materi mengenai pemberantasan korupsi melalui kaca mata ilmu hukum.

Dari kuliah umum ini diharapkan peserta dapat memiliki wawasan dan pedoman mengenai peran BPK RI dalam pencegahan tindak pidana korupsi, dan bersama memberikan rekomendasi-rekomendasi guna memperbaiki sistem keuangan negara yang ada di Indonesia melalui kasus-kasus yang telah dibahas.

Share this :

Category

Arsip

Related News