Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro (PSM Undip) yang juga dikenal dengan Diponegoro University Choir (DUC) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Diponegoro yang berdiri sejak 15 Oktober 1972. Sebagai salah satu UKM tertua di Universitas Diponegoro yang beranggotakan mahasiswa Undip dari berbagai fakultas dan jurusan, PSM Undip menjadi wadah bagi mahasiswa pecinta seni khususnya seni olah vokal. PSM Undip memiliki visi dan misi untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang seni maupun berorganisasi.

Lebih dari itu, PSM Undip juga bertekad untuk memperkenalkan Indonesia dan Universitas Diponegoro serta menjaga eksistensi sebagai Paduan Suara. PSM Undip aktif mengikuti kompetisi baik di tingkat regional, nasional, dan internasional. Melalui kompetisi ini, PSM Undip berusaha untuk menjaga kualitas dan menguji sejauh apa proses yang telah dijalani. Melalui tiap kompetisi, PSM Undip berkomitmen untuk meningkatkan kualitas agar tetap menjadi paduan suara terbaik yang membanggakan Indonesia dan almamater.

Pada tahun 2023 ini, PSM Undip mengikuti kompetisi di tingkat internasional yakni Taipei International Choral Competition (TICC) yang bertempat di Taipei, Taiwan. TICC merupakan kompetisi paduan suara yang dilaksanakan di Taipei oleh Taipei Philharmonic Foundation. Kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi bergengsi di bidang paduan suara, yang diikuti oleh lebih dari 50 paduan suara yang berasal dari berbagai negara dengan juri terbaik dari berbagai penjuru dunia yang telah terkurasi dan memiliki reputasi di bidangnya.

Sebelum mengikuti lomba yang diadakan di Taipei, PSM Undip sempat menggelar konser yang bertajuk “True Colors” yang diadakan di Semarang pada tanggal 15 Juli 2023 yang lalu. Dalam persiapan mengikuti lomba TICC, kami telah berlatih sejak bulan Maret secara rutin hingga bulan Juli. Tidak hanya menyanyi kami juga mempersiapkan fisik kami dengan berjalan kaki dan berolahraga bersama.

Pada kompetisi TICC ini PSM Undip mengikuti empat kategori yakni Mixed, Musica Sacra, Contemporary Music, dan Ethnic/Traditional Music dengan total 12 lagu. Pada tanggal 31 Juli, dilakukan pelepasan kontingen PSM Undip ke Taipei yang dihadiri oleh beberapa jajaran pimpinan rektorat salah satunya oleh Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D. selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan.

Pada kompetisi TICC diselenggarakan tanggal 2-4 Agustus 2023, PSM Undip berhasil terpilih menjadi salah satu tim yang dapat tampil di Grand Prix (babak final) dan berhasil menjadi First Runner Up Grand Prix TICC 2023. Juga berhasil memperoleh penghargaan di seluruh kategori yakni Gold award Mixed Category dan Winner of Mixed Category, Gold award Contemporary Song Category, Gold award Ethnic/Traditional Song Category, Gold award Musica Sacra Category. Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan Universitas Diponegoro dan orang-orang terdekat.

PSM Undip mengucapkan terima kasih kepada Universitas Diponegoro yang telah mendukung dalam mengikuti perlombaan ini serta kepada pembina PSM Undip, pelatih PSM Undip, Alumni, sponsor, orang tua, keluarga, dan teman-teman yang selalu membantu dan mendukung dalam meraih prestasi sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia dan almamater di kancah Internasional.

Share this :