, ,

Puncak Dies Natalis ke-7, Sekolah Vokasi Undip Launching Desa Vokasi Budaya

Semarang-Jawa Tengah(21/10). Pada perayaan Dies Natalis ke-7, Sekolah Vokasi (SV) Universitas Diponegoro (Undip) menyelenggarakan rangkaian kegiatan berupa perlombaan, expo nasional, seminar nasional dan internasional, serta perayaan acara puncak. Sekolah Vokasi Undip yang genap berusia 7 tahun, telah menorehkan berbagai karya, baik nasional maupun internasional. Mengabdi, berkontribusi, meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan melahirkan lulusan yang kompeten dan siap kerja di dunia industri.

Sekolah Vokasi Undip memiliki visi Menjadi Pusat Pendidikan Vokasi (Terapan) yang Unggul dan Bertaraf Internasional. Berdedikasi untuk memberikan pendidikan vokasional berkualitas tinggi yang memberdayakan mahasiswa dengan keterampilan praktis dan pengetahuan, sehingga mampu menghasilkan lulusan profesional yang diterima dan diakui kompetensinya oleh dunia kerja baik nasional maupun internasional. Mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki karir yang sukses dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Untuk memperingati hal tersebut, Sekolah Vokasi Undip melaksanakan kegiatan Dies Natalis ke-7. Tema yang diangkat kali ini yaitu “Menguatkan Kolaborasi Merajut Prestasi Bersinergi Membangun Negeri”. Rangkaian kegiatan perayaan Dies Natalis dimulai pada 26-28 Mei 2023 yaitu Expo Nasional Food Festival Bersama Mitra Industri Sriboga dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan Vocalympic : Kompetisi Antar Prodi Sekolah Vokasi, Summer Course, Seminar Nasional, Launching Desa Vokasi Budaya sekaligus nanggap wayang dari Desa Vokasi Budaya yang disiarkan Live TVRI Jateng pukul 20.00- 01.00. Juga Vocational Debat Competition, Vokasi Idol : Kompetisi Menyanyi Tingkat Nasional, serta Orasi Ilmiah dan Malam Puncak : Awarding dan Pentas Seni Budaya” yang dilakukan 21 Oktober 2023. Rangkaian kegiatan tersebut mengundang berbagai latar belakang peserta, yaitu dari Sekolah Vokasi Undip, Perguruan Tinggi Vokasi di Indonesia, Universitas Luar Negeri, SMK di Indonesia, Alumni serta dari Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI).

Dekan Sekolah Vokasi Undip Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si., mengatakan pada Dies Natalis ke-7 ini, Sekolah Vokasi Undip sudah banyak meraih prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Di antaranya 4 mahasiswa SV Undip yang tergabung dalam Tim Paduan Suara Undip (PSM) Undip berhasil meraih prestasi di Ajang Taipei International Choral Competition 2023, 18 Mahasiswa Prodi Bahasa Asing Terapan Vokasi Undip pada saat ini sedang magang di Jepang dan tahun depan jumlah itu akan bertambah menjadi 40 mahasiswa.

Prestasi lain, mahasiswa Sekolah Vokasi Undip Juara 3 MAWAPRES Tingkat Nasional 2023 dan Prodi TRKI Sekolah Vokasi Undip Dapatkan Dana Hibah Program Competitive Fund Vokasi. Dengan prestasi ini diharapkan , perayaan Dies Natalis ini menjadi titik balik bagi SV Undip untuk terus memberikan kontribusi yang bermanfaat untuk membangun negeri.

Pada Puncak Dies Natalis ke 7 ini, diumumkan peluncuran Desa Vokasi Budaya yang ditandai dengan sebuah pagelaran seni wayang kulit kontemporer yang menakjubkan. Acara ini menampilkan 7 dalang dan 7 sinden terkemuka yang membawa tradisi wayang kulit ke dalam era modern dengan sentuhan kreativitas yang luar biasa. Inisiatif inovatif ini menandai tonggak penting dalam komitmen Sekolah Vokasi Undip terhadap pendidikan vokasi dan kekayaan budaya.

Desa Wisata Budaya (Dewadaya) Desa Kurung, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten mempunyai visi Menjadi Desa Budaya yang unggul dengan dukungan keunikan potensi seni budaya lokal menuju pengembangan seni budaya di Tingkat Nasional.

Mengusung Tagline Desa Budaya Kurung: “Kurung Desa Budaya, Ngrembaka Hamangun Karya”, pelaku dan pelestari kebudayaan asli Desa Kurung berembug dan meresmikan Paguyuban Desa Wisata Budaya (Dewadaya) Kurung.

Desa Vokasi Budaya merupakan platform unik yang dirancang untuk merayakan perpaduan pendidikan vokasional dan kekayaan budaya. Melalui berbagai kegiatan dan program menarik, inisiatif ini bertujuan memberdayakan mahasiswa, pendidik, dan masyarakat dengan keterampilan vokasional sekaligus melestarikan dan mempromosikan warisan budaya yang beragam.

Kerjasama ini menghadirkan Paguyuban Dewadaya dari Desa Budaya Kurung, Klaten yaitu 7 dalang terkemuka yang membawakan kisah-kisah epik dari pewayangan, didukung oleh 7 sinden berbakat yang mempersembahkan vokal yang memukau. Pagelaran wayang kulit ini tidak hanya menjadi hiburan seni, tetapi juga sebuah perwujudan harmoni antara warisan budaya dan kreativitas kontemporer.

Sebagai bagian dari perayaan Puncak Dies Natalis ke-7 kami, Desa Vokasi Budaya menyelenggarakan serangkaian acara dan lokakarya, termasuk Lokakarya Budaya: Seminar Nasional dengan judul Peran Sekolah Vokasi Dalam Pengembangan Desa Vokasi Budaya Dan Ekonomi Kreatif. Dan juga Sesi Pengembangan Keterampilan: Terlibat dalam Special Expo Wirausaha Muda Sekolah Vokasi, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan vokasional dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan dunia nyata.

Share this :

Category

Arsip

Related News