, ,

Kontingen UNDIP Meraih 4 Penghargaan di MTQM Nasional

Kontingen Universitas Diponegoro di kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa (MTQM) Nasional 2023 meraih 4 gelar juara. Pada cabang lomba Tilawah, Fadhilah Khoirun Nisak (FT) meraih juara harapan 3. Pada cabang Fahmil Qur’an, kontingen Undip diwakili oleh Muhammad Naufal Chakim (FT), Muhammad Robbany Haidar Amna (FEB), Syamsul Ihsan Hanif Ma’ruf (FT) meraih juara harapan 2. Tim Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW, diwakili oleh Khoirul Dimas Veri Anjaswara (FT), Muhammad Ahli Fikri (FPP), Naufal Abdullah Kafa Bihi (FT), Muhammad Nursidiq Fathoni (FPIK), dan Muhammad Nur Thoha (FIB) meraih juara harapan 2. Sedangkan pada cabang lomba Hifzhil Qur’an 30 Juz Putri yang diwakili oleh Naila Fitri Maulida (FISIP) berhasil meraih juara harapan 1.

MTQM Nasional yang ke-17 digelar di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur mempertandingkan beberapa kejuaraan lomba, yaitu Tilawatil Qur’an Putra dan Putri, tartil Qur’an Putra dan Putri, Qira’at Sab’ah Putra dan Putri, Hifzhil Qur’an 10, 20, dan 30 Juz Putra dan Putri, Kaththil Qur’an Dekorasi, Kontemporer Putra dan Putri, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al Qur’an, debat Ilmiah Kandungan Al Qur’an dengan bahasa Arab dan Inggris, Desain Aplikasi Komputer Al Qur’an, dan Pembacaan Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW. Kontingen Undip berhasil lolos ke babak final pada 6 cabang lomba. Dari 6 cabang lomba tersebut, 4 diantaranya meraih juara.

Pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba, disampaikan pada acara penutupan MTQM, Kamis malam (9/11/2023), di Auditorium Samantha Krida, Universitas Brawijaya.

Dengan proses persiapan satu setengah bulan, kontingen Undip dapat meraih hasil yang membanggakan. Terlebih lagi, banyak dari kontingen Undip masih berstatus mahasiswa baru. Mengikuti kompetisi MTQM ini adalah salah satu upaya untuk belajar. Hasil yang diraih tahun ini merupakan buah dari kerja keras para peserta. Kedepannya, pembinaan talenta muda di Undip akan lebih ditingkatkan lagi agar dapat menampung bakat-bakat yang dimiliki mahasiswa Undip.

“Harapannya pembinaan ini akan semakin bagus. Kami berharap Undip memiliki seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang menampung kreativitas atau talenta-talenta Al Qur’an khususnya. Akan semakin bagus jika ada UKM khusus yang membidangi masalah MTQ,” ujar Nur Fauzan Ahmad, S.S., M.A., selaku Ketua Panitia MTQM Undip.

Share this :

Category

Arsip

Related News