Semarang – Jawa Tengah (28/11). Taman Kanak-Kanak (TK) Permata Undip berhasil meraih juara 1 pada Lomba Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat Tahun 2023 kategori PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Lomba ini diikuti sebanyak 2.218 video yang dikirimkan oleh seluruh jenjang pendidikan, mulai jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Pada kategori PAUD diikuti sebanyak 192 video, dan TK Permata Undip berhasil menyabet juara 1 pada kategori tersebut.

PAUD Permata Undip adalah sekolah dibawah naungan Undip yang mempunyai lingkungan yang asri dan nyaman. PAUD Permata Undip berkomitmen melanjutkan program-program sekolah sehat. Dalam pelaksanaannya, PAUD Permata Undip bekerjasama dengan masyarakat sekitar yaitu puskesmas, PKK, orangtua siswa, Fakultas Kedokteran dan mahasiswa Undip.

PAUD Permata Undip telah melaksanakan program-program rutin antara lain: layanan kesehatan rutin dari dokter anak dan dokter gigi;  konsultasi ahli gizi; dan perkembangan anak. PAUD Undip membiasakan pula hidup bersih dan sehat, yakni dengan rutin melakukan kegiatan seperti senam pagi bersama; jalan-jalan ke tanah lapang;  pemberian makanan tambahan dengan gizi seimbang; serta pembiasaan hidup bersih seperti cuci tangan dan gosok gigi.

Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat Tahun 2023 merupakan ajang lomba video praktik baik implementasi sebagian ataupun seluruhnya fokus Kampanye Sekolah Sehat di seluruh jenjang satuan pendidikan.

Kemendikbudristek telah meluncurkan Kampanye Sekolah Sehat pada Agustus 2022. Saat ini kampanye tersebut telah berubah menjadi gerakan masif dan menggema di sekolah-sekolah untuk bergotong royong dalam menciptakan perubahan dan pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat. Gerakan Sekolah Sehat mempunyai tiga fokus, yaitu: Sehat Bergizi, Sehat Fisik, dan Sehat Imunisasi.

TK Permata UNDIP terpilih menjadi Juara 1 Kategori PAUD pada Lomba Gala Kreasi Video Kampanye Sekolah Sehat Tahun 2023.

 

Share this :