Universitas Diponegoro (Undip) melalui Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan pada Event Mini Expo Sukabumi, sebuah inisiatif yang menjadi terobosan Undip untuk meningkatkan animo pendaftar di Jawa Barat bagian Selatan. Event ini berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 29-30 November 2023, dimulai dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Pada hari pertama, Event Mini Expo diselenggarakan di Aula SMA Hayatan Thayyibah Sukabumi, dihadiri oleh 6 sekolah, termasuk SMA Hayatan Thayyibah Sukabumi, SMAN 4 Sukabumi, SMAN 5 Sukabumi, SMAN 2 Sukabumi, SMA Mardiyuana Sukabumi, dan SMAN 3 Sukabumi. Selanjutnya, pada hari kedua, Mini Expo berpindah ke Aula SMA Insan Cendekia Al Kausar Sukabumi, diikuti oleh 9 sekolah, yaitu SMA Insan Cendekia Al Kausar Sukabumi, SMAN 1 Cibadak, SMAN 1 Cicurug, SMAN 1 Parung Kuda, SMAN 1 Cidahu, SMAN Parakansalak, SMA AR Rahman Boarding School, SMA Al Bayan Sukabumi, dan SMA Atiqiyah Sukabumi.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah masing-masing sekolah, dilanjutkan dengan presentasi profil masing-masing perguruan tinggi di aula sekolah. Undip mengirimkan tim Sosialisasi dan Promosi yang terdiri dari 5 orang untuk memberikan informasi dan pengetahuan komprehensif. Tim Sosialisasi dan Promosi Undip menjelaskan mengenai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru, biaya pendidikan, program studi pada jenjang sarjana, fasilitas, dan keunggulan yang dimiliki oleh Undip.

Guru Pembimbing dan siswa-siswi SMA sangat antusias berkunjung ke stand Undip, terlihat dari berbagai macam pertanyaan yang diajukan, mulai dari Program Beasiswa, Profil Lulusan, hingga materi yang akan dipelajari selama perkuliahan.

Tim Sosialisasi dan Promosi Undip memberikan pelayanan prima dengan memberikan jawaban dan penjelasan yang informatif atas setiap pertanyaan yang diajukan. Tim Sosialisasi dan Promosi Undip juga menjelaskan secara rinci tentang profil Universitas Diponegoro yang mencakup pilihan program studi, fasilitas, aplikasi layanan, akses lokasi, prestasi universitas, unit kegiatan mahasiswa, hingga program Beasiswa. Tidak hanya itu, Tim Sosialisasi Undip juga menyelipkan game-game kecil yang berhasil menambah antusiasme peserta Mini Expo Sukabumi.

Tujuan utama keikutsertaan Undip dalam event ini adalah memperkenalkan Undip kepada siswa-siswi SMA peserta Event Mini Expo Sukabumi, serta memberi motivasi agar mereka memilih program studi yang sesuai dengan minat dan potensi masing-masing. Keberhasilan partisipasi Undip dalam event ini tidak hanya menciptakan kesadaran akan keberagaman program studi dan keunggulan universitas, tetapi juga memberikan dorongan positif kepada siswa-siswi SMA untuk melangkah ke dunia perguruan tinggi dengan keyakinan dan pemahaman yang lebih baik.

Sumber: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Undip

Share this :