, ,

Mahasiswa UNDIP Raih Winner Research Grant USD 3000 of the Best Paper Award

Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) kembali meraih prestasi yang membanggakan. Tim yang diketuai oleh Risqi Prastianto Setiawan (FSM, Fisika angkatan 2022) dengan anggota Fitra Ari Aditya (FSM, Biologi angkatan 2021) dan Muhammad Is’ad Rozan (FT, Teknik Lingkungan angkatan 2022) berhasil mendapatkan Winner Research Grant USD 3000 of the Best Paper Award dalam kegiatan 2nd International Conference on Nature-Based Solution in Climate Change 2023 (RESILIENCE) yang digelar pada Jum’at, 24 November 2023 di Grha Pertamina Jakarta.

Mewakili tim, Risqi Prastianto Setiawan mengaku bangga karena bisa mengharumkan nama besar UNDIP di kancah internasional. “Hasil ini bukanlah akhir dari perjuangan tim. Dari sini kami tergerak terus berinovasi untuk membanggakan nama almamater dan tentunya kepada kedua orang tua kami,” kata Risqi.

Risqi beserta tim membawa karya inovatif mengenai Biofuel mikroalga. Biofuel mikroalga merupakan salah satu sumber energi alternatif yang dapat menggantikan bahan bakar fosil. Penggunaan nanopartikel α-Fe2O3 sebagai suplemen dapat meningkatkan pertumbuhan biomassa dan kandungan lipid yang dihasilkan dari mikroalga Chlorella sp. yang akan dikonversi menjadi biofuel dengan persentase 52,9% dan 42,9%.

“Metode penelitian yang digunakan adalah skala laboratorium langsung dengan serangkaian metode berupa kultivasi mikroalga, analisis penyerapan karbon, pemanenan mikroalga, ekstraksi lipid, produksi biofuel dengan co-pirolisis, analisis keluaran karbon pasca penggunaan, dan keekonomian,” jelas Risqi.

“Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan biomassa Chlorella sp. lebih cepat dan kandungan lipid lebih tebal. Nilai efektivitas Chlorella sp. dalam pembentukan biofuel dan penyerapan emisi karbon di lingkungan mencapai 87,0% dan 63,4%,” tambahnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation, Universitas Pertamina, dan Pertamina ini merupakan kegiatan untuk menyalurkan ide dan penelitian mengenai solusi berbasis alam dalam perubahan iklim serta peluncuran desa energi berdikari Pertamina Sobat Bumi 2023.

Lebih lanjut, Risqi mengajak generasi muda UNDIP untuk tetap fokus dan bertanggung jawab terhadap apa yang telah dimulai. “Jadikan semangat awalmu terus membara hingga kita mencapai tujuan yang telah kita rencanakan,” pungkasnya.

Share this :

Category

Arsip

Related News