, ,

Steven, Mahasiswa Undip Raih Juara 1 International Youth SDGs Competition di Malaysia

Yeremia Steven Putra Wima, mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (Undip) berhasil mendapatkan Juara 1 Best Presentation dan Best Leader of the Division dalam International Youth SDGs Competition, yang digelar pada 14-19 Januari 2024 oleh International Youth Centre Kuala Lumpur Malaysia dan Indonesian Youth Excursion Network.

Kompetisi Internasional ini berfokus pada inovasi Sustainable Development Goals (SDGs) sebagai bentuk kontribusi dan mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. Steven selaku ketua tim bersama anggota tim lainnya mengusung inovasi digital pada SDGs No 4 Quality Education yakni EduVate, yakni sebuah platform edukasi yang menyediakan pendidikan merata untuk semua orang, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga disabilitas.

Syarat agar bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini, Steven mengikuti rangkaian seleksi berupa seleksi administrasi, wawancara dan focus group discussion. Dari 500+ pendaftar terpilih 65 delegasi terbaik dari Indonesia untuk berangkat ke Malaysia, dan Steven berhasil menempati posisi Top 10 Delegasi mewakili Universitas Diponegoro. Selain berkompetisi, Steven juga melakukan University Visit ke Universiti Malaya (UM) dan International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Cultural Exchange berupa penampilan tarian tradisional dari berbagai suku dan ras di Malaysia.

Untuk mengenal lebih dekat, Yeremia Steven Putra Wima merupakan pribadi yang aktif dalam perkuliahan maupun organisasi. Steven berpartisipasi dalam organisasi Internasional yakni AIESEC in Semarang dan TEDxUndip. Selain itu, ia aktif pula mengikuti Program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) Kampus Merdeka yang diadakan Kemendikbudristek untuk mengimplementasi ilmu yang didapatkan selama perkuliahan dalam praktik nyata dunia kerja.

“Harapan saya setelah mengikuti kegiatan ini adalah menjadi motivasi bagi para mahasiswa lainnya untuk memaksimalkan potensi dan kesempatan yang dimiliki dengan men-challenge diri sendiri keluar dari zona nyaman untuk berpartisipasi dalam kompetisi dan perlombaan. Sebagai mahasiswa, kita memiliki privilege karena berkesempatan menempuh pendidikan di Undip, salah satu PTN terbaik di Indonesia. Undip mendukung penuh mahasiswanya untuk mengikuti kompetisi”, ucap Steven. (YS, ed. As/ Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News