Menyelesaikan masa studi dan menghadiri upacara wisuda merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Semua pengalaman suka dan duka saat menjalani perkuliahan terbayarkan ketika seorang wisudawan dilantik dalam upacara wisuda. Hal ini yang dirasakan oleh Nurul Azizah Dian Rahmawati, wisudawan yang lulus dengan predikat Cumlaude dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip).

Nurul telah resmi diwisuda pada Rabu, 31 Januari 2024 di Gedung Prof. Soedarto Kampus Undip Tembalang pada periode Wisuda ke-173 tahap ke-5 yang diadakan pada 29 Januari – 02 Februari 2024. Nurul yang merupakan mahasiswa Kedokteran ini berhasil memperoleh IPK 3,72.

Selama proses perkuliahan, Nurul juga menekuni berbagai macam kegiatan seperti organisasi, kejuaraan, dan riset. “Fokus utama tentu pada bidang akademik. Namun ada beberapa kegiatan di luar tanggung jawab belajar yang saya tekuni. Semua aktivitas ini saya lakukan secara berkesinambungan dengan mengedepankan tanggung jawab dan prioritas dalam pelaksanaannya sehingga tidak ada yang terlupakan,” ucap Nurul.

Tercatat beberapa prestasi nasional yang telah diraih Nurul, seperti Juara 3 Mahasiswa Berprestasi Jenjang Sarjana Universitas Diponegoro 2023; Juara 2 Lomba Essai Ilmiah Kompetisi Farmasi Seluruh Indonesia (KOFEIN) Universitas Airlangga 2023; Penerima Pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Riset-Eksakta (PKM-RE) Kemendikbudristek RI 2023; Finalis Research Competition Indonesian International Medical Olympiad (IIMO) BAPIN ISMKI 2023; Juara 2 Pekan Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro 2023; Juara 2 Mahasiswa Berprestasi ISMKI Wilayah 3 2022; Juara 2 Lomba Poster Publik Airlangga Medical Journalism Festival (AMJF) 2022; Juara 3 Lomba Literature Review Diponegoro Medical Students Competition (DIMSCO) 2022; Juara 1 Lomba Essay Ilmiah Gebyar Farmasi Universitas Andalas 2021; dan Juara 3 Lomba Poster Publik Bali Health Student Meeting in Prevention Issues (BHSMPI) 2021.

Selain itu, Nurul juga memiliki prestasi pada kompetisi tingkat internasional, antara lain Silver Medal in World Invent Singapore 2023; Thailand Special Award for The Best International Invention and Innovation in World Invent Singapore 2023; Silver Medal in Thailand Inventors Day 2023; Gold Medal in All American Davinci International Innovation and Invention Expo 2022; Gold Medal in Malaysia Technology Expo 2022; Gold Medal in World Young Inventors Exhibition 2022; Special Award From GCC Saudi Arabia in World Young Inventors Exhibition 2022; Gold Medal in Indonesia Inventors Day 2022; dan Bronze Medal in Archimedes: Moscow International Salon of Inventions and Innovation Technologies 2022.

Segudang prestasi akademik dan non akademik yang telah diraih Nurul tentunya ditunjang dengan fasilitas dan kebijakan yang baik. “Satu hal yang saya syukuri, yaitu proses reimbursement biaya lomba yang dapat diajukan memberikan dampak positif terhadap semangat juang dalam berkompetisi dari mahasiswa-mahasiswanya. Semoga ke depan fasilitas dan apresiasi dapat terus ditambah supaya iklim prestasi dapat terus berlanjut,” jelasnya.

Dalam wawancaranya bersama tim Humas Undip, Nurul menyampaikan pesan bagi teman-teman mahasiswa agar mengisi waktu perkuliahan dengan terus mengeksplorasi potensi yang ada, menjalin relasi, menemukan diri, merajut mimpi, dan memulai perjalanan untuk meraihnya.

“Hadapilah semuanya dan tanamkan dalam diri bahwa akan selalu ada jalan untuk setiap niat baik yang didukung doa dan usaha. Lelah, air mata, dan doa akan terbayar dengan senyum dan kebanggaan diri kita serta orang tercinta kita nanti,” kata Nurul.

 

Share this :