,

Mahasiswa KKN Undip Ajari Praktik Tanam TOGA di Pekarangan Sempit

Mahasiswa KKN TIM 1 Undip melaksanakan program praktik menanam dan pengolahan beberapa jenis tanaman obat keluarga (TOGA) kepada masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. TOGA merupakan suatu hal penting untuk merawat kesehatan keluarga secara tradisional dan tidak mengandung bahan kimia. Program ini dilatarbelakangi dari masyarakat Desa Wonosari yang belum banyak memanfaatkan pekarangan sempit di sekitar rumah dan masih belum mengetahui bagaimana cara pengolahan TOGA.

Program ini merupakan program keilmuan yang dilakukan oleh Mahasiswa Agroekoteknologi Undip yang bertujuan agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang minim di sekitar rumahnya untuk menanam TOGA menggunakan media polybag yang memiliki banyak manfaat dan dapat mengolahnya menjadi obat. Maka dari itu, pelaksanaan program mengenai TOGA dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa TOGA sangat mudah penanamannya, banyak manfaat, dan cara pengolahan yang bisa dilakukan kapan saja.

Program dilaksanakan pada Selasa (16/01) pukul 08.00 – 10.00 di Balai Desa Wonosari. Kegiatan ini diawali dengan pemaparan mengenai pengenalan TOGA, penjelasan mengenai manfaat dan pengolahan dari beberapa TOGA, lalu dilakukan praktik cara penanaman TOGA yang tepat. Praktik penanaman diikuti oleh semua peserta dengan menggunakan polybag, media tanam, benih kemangi, rimpang jahe, dan rimpang kunyit yang telah disiapkan.

Sesi pemaparan materi dan praktik penanaman program kerja KKN TIM 1 Undip diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta dari Desa Wonosari. Ketertarikan untuk dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam TOGA dengan menggunakan polybag menjadi salah satu faktornya. Praktik penanaman dan materi mengenai cara pengolahan tanaman obat keluarga membawa dampak positif terhadap kesehatan keluarga secara keseluruhan.

Dengan memahami proses ini, masyarakat Desa Wonosari dapat memanfaatkan pekarangan yang sempit dan bisa lebih mandiri dalam menjaga kesehatan dan mengurangi ketergantungan pada obat-obatan kimia. Penerapan pengetahuan ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap gaya hidup sehat dan berkelanjutan. Untuk lebih mengenal prodi Agroekoteknologi, kunjungi website: agroekoteknologi.fpp.undip.ac.id.

Penulis: Pelangi Dian Sakanti, Agroekoteknologi FPP Undip

(Pelangi, ed. As&Ut/Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News