Pendidikan dan organisasi berperan penting bagi generasi muda. “Melalui pendidikan dan organisasi dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, kedisiplinan dan self control yang baik untuk mengatasi berbagi masalah,” ucap Cindy Nurochmah, lulusan Undip peroleh IPK 3,79 dari Fakultas Ilmu Budaya dengan konsentrasi studi Sastra Inggris.

Selama menempuh  studi, Cindy mendapatkan banyak pengalaman. Salah satunya tentang time management dan self control. Bertemu dengan banyak teman dari penjuru Indonesia membuatnya mengenal dan menghargai perbedaan. Pengalaman di organisasi, UKM, dan komunitas juga sukses menempanya menjadi pribadi yang lebih berani, bisa menghargai pendapat orang lain, dan bertanggungjawab. Terlihat saat dirinya berkecimpung pada organisasi bernama KAMADIKSI Undip dengan menjabat sebagai sekretaris di bidang riset dan keilmuan.

Selain itu, Cindy juga pernah aktif dalam komunitas di Fakultas Ilmu Budaya yakni REPUBLICS (Research and Public Speaking), yang merupakan wadah bagi mahasiswa FIB untuk mengembangkan bakat di bidang research dan public speaking.  Ia pun menjabat sebagai kepala bidang public speaking, terbukti dari raihan prestasi yang telah dicapainya yaitu Juara 1 Prodigious Speech Kompetition 2021; Juara 3 Kalimantan Open Debate 2021 dan Juara 2 Debate Competition Politeknik Negeri Padang 2022,” cerita Cindy yang berhasil menyelesaikan studi 4 tahun 4 bulan.

Bahkan Cindy juga bergabung dalam tim penelitian bersama mahasiwa dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) serta Fakultas Teknik (FT) untuk menciptakan inovasi  yang berguna bagi perikanan Indonesia khususnya nelayan tradisional, hingga mengantarkan keberhasilan meraih Silver Medal Indonesia Inventor’s Day 2022 (https://www.undip.ac.id/post/27088/7-mahasiswa-undip-raih-silver-medals-di-ajang-indonesia-inventors-day-2022.html) dan Silver Medal Thailand Inventor’s Day 2023 (https://www.undip.ac.id/post/28595/capture-project-undip-raih-medali-silver-thailand-inventors-day-2023.html).

“Jangan pernah ragu untuk mengambil langkah menuju hal yang lebih baik. Kegagalan dalam proses belajar adalah langkah yang harus ditempuh untuk menuju kesuksesan,” kata alumni Undip yang diwisuda tanggal 29 Januari lalu.

“Abaikan orang yang mengatakan bahwa pendidikan itu tidak penting, karena we know ourselve better than anyone, and as young generation we need education to conquer the world,” pungkasnya.

 Berminat masuk Fakultas Ilmu Budaya Undip? Kunjungi laman: https://fib.undip.ac.id/ (DHW-Humas)

Share this :