, ,

Ngobrol Santai Pasien dan Caregiver HD dalam rangka World Kidney Day

Setiap tahun, pada Kamis minggu kedua bulan Maret diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia (HGS) atau World Kidney Day (WKD) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan ginjal serta mengurangi dampak penyakit yang berkaitan dengan ginjal.

Tahun 2024 ini, tema yang diangkat adalah “Kidney Health For All – Advancing Equitable Access to Care and Optimal Medication Practice”, yang berarti ginjal sehat untuk semua – meningkatnya layanan kesehatan ginjal untuk semua.

Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) turut serta memeriahkan peringatan World Kidney Day dengan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Kesehatan bertema “Kidney Health for All Advancing Equitable Access to Care and Optimal Medication Practice” di Instalasi Hemodialisa RSND pada hari Kamis, 14 Maret 2024. Kegiatan ini diikuti oleh pasien Hemodialisa dan pendampingnya yang sedang mengakses layanan Hemodialisa di RSND.

Bertindak sebagai narasumber sekaligus koordinator dalam kegiatan tersebut dokter penanggung jawab hemodialisa RSND, dr. Fina Hardina, Sp.PD. “Hemodialisa adalah proses pembersihan darah dari zat-zat sampah, melalui proses penyaringan di luar tubuh dengan menggunakan mesin. Dilakukan pada pasien dengan Gagal Ginjal yaitu pasien dengan ginjal yang memiliki ketidakmampuan untuk berfungsi dengan optimal,” demikian tutur dr. Fina Hardina, Sp.PD. dalam materinya saat menjelaskan mengenai salah satu layanan kesehatan ginjal yang ada di RSND.

Selamat Hari Ginjal Sedunia (HGS), semoga semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya kesehatan ginjal dan semakin meningkat akses masyarakat terhadap layanan kesehatan ginjal yang dibutuhkan.

Sumber: Rumah Sakit Nasional Diponegoro

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait