, ,

UNDIP Terus Meningkatkan Mutu Pendidikan

Dalam rangka menjamin terpenuhinya siklus PPEPP dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Universitas Diponegoro, LP2MP Universitas Diponegoro menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Tahun 2023 pada 7 Maret 2024 yang bertempat di Hotel Grand Candi, Semarang. Kegiatan diikuti oleh Ketua Senat Akademik, Kepala dan Wakil Kepala BPP, 13 Dekan, 13 Wakil Dekan I serta 13 Ketua TPMF dari berbagai Fakultas/Sekolah di lingkungan Universitas Diponegoro.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, SE, M.Si. Dalam sambutannya, beliau berpesan bahwa pentingnya menjaga mutu/kualitas pendidikan di Universitas Diponegoro agar menghasilkan lulusan yang kompetitif dan terampil.

Memasuki acara sesi pertama, laporan Rapat Tinjauan Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) tahun 2023 di sampaikan oleh Prof. Dr. Paramita Prananingtyas, S.H., LLM selaku Sekretaris LP2MP. Dalam paparannya, Prof Mita, menyampaikan tujuan, manfaat dan pelaksanaan Audit Mutu Internal. Pada sesi ini juga diumumkan Fakultas dan beberapa prodi yang meraih nilai tertinggi dalam kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) Tahun 2023. Fakultas dan Prodi yang mendapatkan nilai tertinggi dalam kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) Tahun 2023 diberikan sertifikat penghargaan dan souvenir dari LP2MP.

Sesi selanjutnya, pemaparan materi “Implikasi Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi disampaikan oleh Prof. Dr. Ir Sri Gunani Partiwi, M.T. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Peserta sangat antusias menyimak penjelasan materi terkait Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi dari Prof Gunani. Berbagai pertanyaan diajukan peserta ke Narasumber terutama terkait implikasi penyesuaian instrumen assesmen baik oleh BAN-PT maupun LAM. Para peserta juga menanyakan tips dan trik mengelola Prodi agar mutu pendidikan selalu konsisten dan terjaga bahkan bisa meningkat ke level internasional.

Pada sesi akhir kegiatan, Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., M.T. selaku Kapus Penjaminan Mutu Internal LP2MP memberikan penjelasan mengenai tahapan selanjutnya yang akan dilakukan setelah kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen terlaksana. Dr. Naniek memaparkan langkah Peningkatan harus dilakukan oleh semua pengelola Prodi dalam menjaga kesinambungan mutu Pendidikan di Universitas Diponegoro berdasarkan laporan Audit Mutu Internal tiap Fakultas. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan souvenir ke Narasumber.

Sumber: Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) UNDIP

Share this :

Kategori

Arsip

Berita Terkait