, ,

Mahasiswa Akashi College Jepang Kunjungi Teaching Factory (TeFa) Sekolah Vokasi UNDIP

Dalam rangka pencapaian visi Universitas sebagai World Class University dan juga peningkatan global competitiveness, Universitas Diponegoro (UNDIP) menyambut kedatangan dua mahasiswi dari The National Institute of Technology, Akashi College (NITAC), Jepang pada 29 April hingga 6 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan full-funded programme dari UNDIP dimana para mahasiswi tersebut mengikuti aktivitas akademik di Sekolah Vokasi.

Kerjasama antara UNDIP dan NITAC sudah berlangsung lebih dari 1 dekade dimana berbagai kegiatan telah dilaksanakan baik lecturer mobility, staff visits maupun students exchange programme. Hubungan baik ini terjalin dengan harmonis dimana full funding programme dari masing-masing institusi juga telah terselenggara dengan sukses diantaranya Delegation Visits, International Conference dan juga Summer School Programme.

Kedua mahasiswi Akashi College tersebut ialah Ms Thanyathon Termsriwaranon dan Ms Yui Kirino dari Department of Mechanical and Electronic System Engineering. Selama berkegiatan di Sekolah Vokasi, para mahasiswi ini bergabung bersama dengan dosen dan mahasiswa di Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI). Turut berpartisipasi di berbagai kegiatan akademik baik perkuliahan maupun kegiatan Laboratorium dengan pendampingan dosen diantaranya Mass Transfer, laboratory of Biotechnology, Separation Mass & Heat Transfer dan laboratory of Process Control Engineering. Sebagai upaya transfer knowledge dan juga international exposure, selama berkegiatan, para mahasiswi ini juga didampingi oleh Student Buddy yaitu Sdri Adinda, Sdri Callysta, Sdr Adhilla & Sdr Akbar.

“Sekolah Vokasi UNDIP selalu siap dalam menyambut tamu-tamu internasional baik dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa. Kerjasama kita dengan Akashi College telah berlangsung bahkan sejak Sekolah Vokasi berdiri. Pada Dies Natalis Pertama, kami berhasil mengundang dosen dari Akashi College sebagai Keynote Speaker di International Conference yang kami selenggarakan. Bahkan, Professor Hideaki Kasai sebagai Rektor Akashi College saat itu, ikut serta secara aktif dalam kegiatan yang kami selenggarakan, termasuk kegiatan Summer School di Bangka Belitung. Salah satu dosen Vokasi, Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D. merupakan Visiting Associate Professor di Akashi College yang salah satu komitmennya ialah mengajar dan melakukan bimbingan langsung di Jepang selama beberapa waktu secara berkala dengan skema full-funded dari Akashi College,” sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Budiyono, M.Si. selaku Dekan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro.

Selama di Sekolah Vokasi, Ms Thanyathon dan Ms Yui juga berkesempatan mengunjungi Teaching Factory (TeFa) yang baru saja diresmikan. Berbagai peralatan modern khas laboratorium terapan menjadi daya tarik tersendiri, khususnya di Industrial Process Control Centre. Laboratorium ini menjadi ketertarikan khusus yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dimana mereka mempelajari cara kerja beberapa alat diantaranya temperature control, level control dan process dynamics. Kesan positif dan senyum lebar menyertai, “it’s so great to have this opportunity. We will promote the Vocational School of UNDIP to our friends back home. Also, we would like to consider taking Master Degree in this University”. Saatnya Vokasi Juara! (AS)

Share this :

Category

Arsip

Related News