, ,

Fakultas Teknik UNDIP Resmikan Laboratorium Terintegrasi, Siap Menuju Kampus Berstandar Internasional

Fakultas Teknik UNDIP kini resmi menambah satu fasilitas baru. Acara peresmian Laboratorium Terintegrasi berlangsung pada Jumat, 27 April 2024. Dalam acara ini, turut hadir Rektor Universitas Diponegoro, Dekan Fakultas Teknik, para Ketua Departemen, Ketua Laboratorium, para Dekan dari fakultas lain, serta beberapa kepala biro yang ada di Universitas Diponegoro.

Pembangunan Laboratorium Terintegrasi sendiri sudah dimulai sejak masa kepemimpinan dekan sebelumnya, yaitu Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., dan selesai dibangun di tahun ini. Menurut Prof. Agung, yang juga menjabat sebagai ketua panitia pelaksana pembangunan Laboratorium Terintegrasi, ide awal yang melatarbelakangi pembangunan lab ini adalah karena adanya tuntutan untuk membuat fasilitas lab yang sesuai standar akreditasi internasional.

“Laboratorium Terintegrasi Fakultas Teknik ini terinspirasi pada saat Fakultas Teknik berhasil mendapatkan akreditasi internasional untuk pertama kalinya di tahun 2017. Waktu itu, kita mengatakan kepada Rektor (terkait lab ini), dan beliau mengatakan boleh,” kata Prof. Agung.

Prof Agung juga menambahkan, nantinya akan ada beberapa laboratorium yang bisa digunakan oleh beberapa departemen di Fakultas Teknik. Rencananya, di lantai satu akan ada Lab Pengelasan Terintegrasi untuk Departemen Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, dan Teknik Industri. Lalu di lantai dua akan diisi dengan lab khusus Teknik Kimia. Di lantai tiga akan dibangun Lab Pengujian. Dan di lantai empat akan ada lab khusus Internet of Things.

“Di setiap lantai itu nantinya akan diperuntukkan bagi beberapa departemen terkait,” ujar Prof. Agung

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menandatangani prasasti peresmian gedung Laboratorium Terintegrasi Fakultas Teknik Undip

Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T., selaku Dekan Fakultas Teknik periode 2024-2029, bangga dengan adanya fasilitas baru ini. Prof. Jamari berpesan, semoga ke depannya civitas academika Fakultas Teknik bisa terus merawat Laboratorium Terintegrasi ini. “Mari kita syukuri apa yang sudah dirintis oleh Prof Agung dan tim ini. Mari kita lanjutkan dan kita rawat terus,” ucap beliau.

Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., selaku Rektor Universitas Diponegoro, berkesempatan untuk memotong pita dan menandatangani prasasti peresmian dalam acara ini. Dalam sambutannya, Prof. Yos berharap nantinya mahasiswa bisa semakin nyaman dan betah untuk berkuliah di Undip setelah laboratorium ini berfungsi. “Gedung ini merupakan salah satu upaya kita dalam memberi layanan yang bisa memikat mahasiswa,” tutur Prof. Yos.

Sumber: Fakultas Teknik UNDIP

Share this :

Category

Arsip

Related News