, ,

Animo Peserta UTBK-SNBT 2024 di UNDIP Tinggi

Semarang – Jawa Tengah (7/5/2024). Universitas Diponegoro (UNDIP) bersama dengan Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia serentak melaksanakan UTBK-SNBT 2024 pada Selasa (30/4/2024). Pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 di UNDIP dilaksanakan dalam 2 (dua) gelombang diselesaikan dalam 11 hari. Gelombang 1 dilaksanakan pada 30 April s.d. 7 Mei 2024. Sedangkan UTBK gelombang II dilaksanakan pada 14 s.d. 17 Mei 2024.

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. mengatakan jumlah pendaftar UTBK di Universitas Diponegoro sebanyak 25.398 orang. Untuk pelaksanaan UTBK, Universitas Diponegoro menyediakan fasilitas perangkat komputer sejumlah 1225 unit yang tersebar dalam 61 ruangan. Dengan ruang ujian yang nyaman dan ber-AC.

Lokasi test UTBK-SNBT 2024 di Universitas Diponego dipusatkan di kampus UNDIP Tembalang meliputi gedung Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Matematika, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Psikologi, gedung Sekolah Vokasi dan gedung ICT Center Tembalang.

Adapun materi yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) yang meliputi literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris dan penalaran matematika yang berlangsung selamat 195 menit. Saat ini UNDIP memiliki 55 program sarjana (S1) dan 11 program sarjana terapan (D4) yang ditawarkan untuk jalur UTBK-SNBT.

Data kehadiran menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam partisipasi pada sesi-sesi yang diadakan pada 30 April 2024. Sesi 01 mencatat kehadiran 1162 dari 1225 pendaftar, menunjukkan tingkat kehadiran 94.86%. Sesi 02 mengalami kenaikan, dengan 1190 dari 1225 pendaftar hadir, menghasilkan tingkat kehadiran sebesar 97.14%. Pada tanggal 2 Mei 2024 pada Sesi 03, mencatat 1152 dari 1205 pendaftar hadir, dengan prosentase kehadiran 95.60%. Data ini menggambarkan partisipasi yang tinggi dan konsisten di ketiga sesi, menunjukkan komitmen kuat dari para peserta untuk mengikuti UTBK.

Saat ini, UNDIP memiliki 55 program studi jenjang sarjana, 11 program studi jenjang sarjana terapan, 62 program studi jenjang pascasarjana dan profesi, serta 21 program studi spesialis dan sub-spesialis. Beberapa program studi terakreditasi Unggul bahkan meraih Akreditasi Internasional.

Universitas Diponegoro (UNDIP) menawarkan pengalaman pendidikan terbaik dan mempersiapkan mahasiswa untuk sukses di dunia global. Berada di peringkat ke-6 dalam Asia University Rankings 2024 dan menduduki peringkat pertama dalam QS Graduate Employability Rankings 2022, UNDIP menonjol dalam menyediakan suasana akademik yang kolaboratif dan inovatif. Selain itu, beberapa program studi di Fakultas Hukum (FH), Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) telah masuk dalam peringkat Top 500 pada QS World University Rankings by Subject 2024, hal ini menunjukkan komitmen UNDIP dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi.

UNDIP juga telah membangun Gedung dengan fasilitas yang diberi nama Muladi Dome yang mampu menampung 4500 orang. Selain itu telah selesai dibangun Laboratorium Terintegrasi di Fakultas Teknik, untuk menambah fasilitas kelas dunia untuk mendukung inovasi dan praktik akademis yang melibatkan mahasiswa dan dosen. Dengan dosen berpengalaman dan fasilitas kelas dunia, UNDIP memberikan pendidikan akademis dengan kolaborasi yang luas dengan industri serta pemerintahan, menjadikan universitas ini destinasi yang ideal bagi calon mahasiswa yang ingin berkontribusi secara signifikan dalam masyarakat dan dunia. (Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News