,

Sumbangsih PSDKU UNDIP dalam Penyusunan Perencanaan Bapelitbang Batang

Ropinov Saputro, S.E., M.M. akademisi dari UNDIP Sekolah Vokasi PSDKU Batang diundang FGD oleh Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Batang, Senin 13 Mei 2024. FGD ini berkaitan dengan perencanaan tata kelola bidang riset dan inovasi daerah agar lebih baik kedepannya.

Hadir dalam acara ini Bagus Pambudi (Kepala Bidang Litbang Bapelitbang Kabupaten Batang), Ropinov Saputro, S.E., M.M. (Akademisi – PSDKU UNDIP Batang), Drs. Y. Anggoro T, M. Engg (Akademisi – SMKN Kandeman), Drs. Arif Suryoto (Jurnalis – Suara Merdeka), dan Isnen Ambar Santoso, SP (Praktisi/Pemenang Lomba Krenova Tahun 2022 – Disparpora Kabupaten Batang).

Ropinov Saputro, S.E., M.M. akademisi dari UNDIP Sekolah Vokasi PSDKU Batang, mengusulkan dibentuknya tim untuk membuat dokumen RENSTRA yang mencakup perencanaan bidang riset dan inovasi secara jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Selain itu Ropinov yang sering mendapatkan mandat sebagai pembimbing lomba maupun sebagai Juri di institusinya, menyarankan agar prosedur dan mekanisme lomba disampaikan ke para peserta jauh-jauh hari sebelum lomba dilaksanakan. Terakhir, Ropinov juga mengusulkan pentingnya pengaturan ruang lingkup lomba-lomba agar selaras dengan Rencana Pembangunan baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.

“Ruang lingkup lomba baiknya selaras dengan rencana kerja di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, bahkan sampai ke kearifan lokal/tingkat desa jika diperlukan,” jelas Ropinov.

Usulan-usulan akademisi UNDIP tersebut dibenarkan oleh salah satu dewan juri Krenova Batang, Jurnalis Suara Merdeka, Arif Suryoto yang menyatakan peserta lomba memang dapat terkenal mental psikologis jika mekanisme lomba diberitahukan mendadak.

Kepala Bidang Litbang Bapelitbang Kabupaten Batang, Bagus Pambudi menyatakan kesiapannya untuk membangun peradaban riset dan inovasi ini. “Kebutuhan seperti membuat RENSTRA seperti disampaikan Pak Ropinov, juga ruang lingkup, dan mekanisme akan kita susun. Tentunya kami membutuhkan bantuan dari bapak-bapak di sini untuk mewujudkannya,” tutup Bagus.

Share this :

Category

Arsip

Related News