Baru saja Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro mengadakan sosialisasi SNMPTN di SMA Negeri 2 Pemalang pada Rabu(11/12). 

Dari Universitas Diponegoro hadir sebagai Narasumber Dr.Aris Triwiyatno, ST.,MT beserta tim dari LP2MP dan Humas. Dalam paparannya, Dr.Aris Triwiyatno, ST.,MT menyampaikan beberapa poin penting yang disampaikan yakni ketentuan umum dan persyaratan yang meliputi tahapan SNMPTN 2020. Diawali dengan registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Pendaftaran akun LTMPT dilakukan mulai tanggal 2 Desember 2019 s.d. 7 Januari 2020. Dilanjutkan dengan pengisian data PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) oleh sekolah yang dilaksanakan mulai tanggal 13 Januari s.d. 6 Februari 2020.

Informasi selanjutnya bahwa siswa pendaftar dapat memilih paling banyak 2 program studi dalam satu PTN atau 2 PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Untuk siswa SMK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN. Siswa pendaftar tidak dipungut apapun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah. Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman : ltmpt.ac.id.

Lebih lanjut dijelaskan pula jalur SBUB (Seleksi Bibit Unggul Berprestasi) dan peserta pelamar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADiK). Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP kuliah. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADik yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2020, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian. Calon peserta penerima KIP Kuliah dan ADiK yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2020, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN.