, ,

UNDIP Terima Penghargaan Emeralds Usage Award 2024

UNDIP kembali menerima penghargaan dari Emerald Publishing. Universitas Diponegoro termasuk sebagai Top 20 Highest Usage dari seluruh universitas di dunia. UNDIP menempati peringkat 3 se–Indonesia pada “Emerald’s High Usage Awards Tahun 2024”. Sedangkan peringkat ke-5 se–Asia dan secara Global UNDIP memperoleh peringkat ke-9 Dunia.

Emerald Publishing merupakan sebuah publisher global atau penerbitan yang memuat beragam disiplin ilmu dari berbagai negara dimana menyajikan konten berupa artikel ilmiah, jurnal akedemik, studi kasus, open access, expert briefings.

Penyerahan penghargaan Emerald’s High Usage Awards Tahun 2024 oleh Emerald Publishing kepada UNDIP diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis UNDIP, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D., bertempat di UPT Perpustakaan dan UNDIP Press (Rabu, 15/5).

Pemberian penghargaan dihadiri langsung oleh Wan Yat Seng, Vice President/ Regional Director South – East Asia Emerald Publishing dan Irwan Sukardi selaku Business Manager Representatif Emerald Publishing dari Asia serta Sugiyanto S.pd selaku Supervisor TU UPT Perpustakaan dan UNDIP Press.

Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D. menyampaikan rasa syukur dan selamat atas pencapaian yang diperoleh civitas academica UNDIP menerima penghargaan dari Emerald Publishing. Tahun ini merupakan penghargaan yang ke-2 dari Emerald kepada UNDIP dalam capaian mengakses dan menggunakan dokumen data yang dimiliki oleh Emerald Publishing. “Ini menunjukkan bahwa UNDIP merupakan universitas yang cukup produktif dalam rangka memanfaatkan e-resources yang dimiliki perpustakaan terutama langganan yang disediakan oleh Emerald,” kata Prof Budi.

“Harapannya, tidak hanya dari segi usage dan tetapi juga hasil dari penggunaan tersebut akan memproduksi sesuatu yang bisa dimanfaatkan oleh semua, dan lebih penting lagi bisa dimanfaatkan masyarakat, bangsa dan negara,” imbuhnya.

Semakin produktif UNDIP berarti membuat suatu opportunity yang lebih besar bagi nama UNDIP untuk dikenal, tentu saja dalam hal ini merupakan bentuk recognisi, pengenalan, penghargaan dari publisher terhadap UNDIP, bahwa civitas academica UNDIP mau untuk mengakses dan mendapatkan literasi sedemikian rupa.

“Sehingga tentu berikutnya civitas academica UNDIP termasuk yang aktif belajar, membaca dan menggunakan sumber-sumber yang disediakan tersebut. Ini adalah sesuatu hal yang membanggakan ditengah kekhawatiran semangat literasi para generasi muda sekarang cenderung lemah. Jumlah orang yang mau membaca buku semakin hari semakin sedikit. Sukanya membuka tiktok, sebaliknya civitas academica UNDIP ternyata suka membaca buku. Ini menunjukkan UNDIP punya identitas berbeda dari komunitas lain bahkan universitas lain. Mudah-mudahan bisa terus ditingkatkan dan membuat reputasi UNDIP semakin bisa direcognisi lebih lanjut oleh masyarakat dan segenap institusi lainnya,” jelas Prof Budi.

Sementara pada kesempatannya, Irwan Sukardi menyebutkan bahwa UNDIP beberapa tahun terakhir mendapatkan penghargaan sebagai salah satu institusi Top 20 Highest Usage dengan user terbanyak di dunia tepatnya masuk ke Top ke-9 bisa dikatakan capaian luar biasa. “Artinya bukan hanya peminatnya tinggi dalam mengakses dan menggunakan Emerald publishing, tetapi juga punya editorial board yang tinggi termasuk authorship yang teruji dan jumlahnya lumayan,“ ucap Irwan.

“Mudah-mudahan ini akan terus berlanjut kerjasama antara Emerald dengan UNDIP serta untuk usagenya minta bantuan dari mahasiswa dan rekan – rekan yang ada disini untuk terus menggunakan Emerald yang sudah dilanggan, jangan disia-siakan,” pesannya.

Sebagai informasi, terdapat berbagai macam layanan baru dari UPT Perpustakaan yaitu workshop, pelatihan, seminar, webinar dan sosialisasi yang diadakan setiap pekannya.  Termasuk pelaksanaan pelatihan yang berlangsung bersamaan kegiatan pemberian penghargaan “Emerald’s High Usage Awards Tahun 2024”. Pelatihan bertema “Pemanfaatan database Springer, Emerald dalam meningkatkan Publikasi Ilmiah Internasional” diikuti 100 peserta dari mahasiswa dengan narasumber Efa Silvia, account manager dari iGroup (Asia Pacific).

Dapatkan informasi lengkap tentang UPT Perpustakaan UNDIP dan UNDIP Press dengan mengunjungi laman: https://digilib.undip.ac.id/. (DHW-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News