Sehubungan dengan selesainya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim 1 Tahun Akademik 2021 dan mengingat pandemi Covid-19 saat ini masih terjadi, Universitas Diponegoro melaksanakan upacara penarikan KKN Undip sejumlah 2.717 mahasiswa secara daring melalui platform zoom meeting, Selasa (16/2) pukul 13.30 WIB. Hadir dalam acara tersebut Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama, Wakil Rektor, Dekan di lingkungan Undip, Ketua LPPM, Dosen KKN, dan mahasiswa KKN Tim I 2021.
Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum menyampaikan selamat kepada mahasiswa KKN Tim I Undip yang telah diberikan kesehatan dan keselamatan sampai upacara penarikan kembali pada hari ini. Rektor juga berharap agar dengan selesainya program KKN, mahasiswa bisa segera menyelesaikan masa kuliahnya dengan lancar dan dapat menerapkan program keilmuannya untuk turut membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.

Kepala Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN) LPPM Undip, Fahmi Arifan, ST, M.Eng dalam laporannya mengatakan bahwa KKN Tim I Tahun 2021 diselenggarakan selama 42 hari, terhitung mulai dari 4 Januari sampai 16 Februari 2021 yang tersebar di berbagai 30 provinsi di Indonesia dari Aceh hingga Papua Barat dan terbagi di 186 kota/kabupaten dengan dosen koordinator sejumlah 122 dosen. Fahmi menambahkan bahwa pihaknya telah menyiapkan formulir digital untuk laporan yang dilakukan oleh mahasiswa. Pelaporan digital ini juga untuk monitoring dosen pembimbing KKN secara periodik. Dengan adanya pandemi ini KKN pada tim 1 ini dilakukan secara mandiri yang awalnya sebelum pandemi dilaksanakan dengan kelompok. Kegiatan KKN bertemakan dengan luaran olahan herbal untuk handsanitazer, pemberdayaan olahan umkm, dan e-commerce teknologi tepat guna,” tutur Fahmi.