SEMARANG – Deretan 10 universitas terbaik di Indonesia menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) Tahun 2021 didominasi oleh perguruan tinggi negeri (PTN), dimana Universitas Diponegoro (UNDIP) termasuk didalamnya. Perguruan tinggi negeri yang masuk dalam deretan 10 terbaik selain UNDIP adalah Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Airlangga (Unair), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Brawijaya (UB).

Untuk tingkat dunia, berdasarkan hasil pemeringkatan QS WUR by Subject yang dipublikasikan Maret 2021 ini, posisi puncak ditempati, Massachusetts Institute of Technology (MIT).  Pendidikan tinggi yang ada di Kota Cambridge ini mencatat rekor tersendiri, karena bisa bertahan di posisi puncak dalam sembilan tahun berturut-turut dalam peringkat QS. Bahkan tahun ini skornya sempurna: 100.

Posisi kedua secara global diduduki oleh Universitas Stanford yang ada di California Amerika Serikat yang meraih skor 98,4 di QS 2021; sedangkan posisi ketiga ditempati oleh perguruan tinggi yang namanya melegenda, Harvard University yang mendapat skor 97,9.

Tahun ini sebanyak 51 bidang keilmuan dicatat memakai empat indikator, yakni Academic Reputation, Employer Reputation, Research Citation per Paper dan H-index.  Sistem pemeringkatan universitas dunia tersebut juga menjadi rujukan pemeringkatan secara nasional.

Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama SH, M.Hum, memberikan apresiasi positif atas hasil pemeringkatan tersebut. Dia mengatakan apa yang dicapai berkat usaha keras dan dukungan banyak pihak. “Saya bersyukur atas hasil ini. Saya juga berterima kasih kepada seluruh civitas academica, juga para stakeholder tanpa kecuali. Semua punya kontribusi dan peran,” kata Prof Yos Johan, Rabu (10/3/2021).

Yos Johan berharap agar apa yang diperoleh sekarang ini menjadi penyemangat untuk mencapai yang lebih baik lagi di periode mendatang. “Kita tidak boleh berpuas diri dengan apa yang sudah diraih. Masih banyak yang harus dibenahi untuk membawa Undip menjadi world class university,” tambah dia.

Hasil pemeringkatan kali ini, Undip berada di posisi 501-550 pada QS WUR by Subject Area 2021 (Business & Management Studies) ; suatu prestasi yang layak dibanggakan. Patut dicatat, bahwa penilaian QS WUR by Subject sangat komprehensif dan mendasar. Misalnya untuk sitasi memakai sumber dari database Scopus Elsevier, tempat penyimpanan data jurnal akademik terbesar di dunia.  Tahun ini, QS menguji 138 juta kutipan dari 18,5 juta artikel akademik yang dipublikasikan.

Wakil Ketua Umum IKA Undip, Akhmad Muqowam, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya dengan pengakuan yang diraih almamaternya. “Mewakili para alumni, kami bangga dan bersyukur atas prestasi yang dicapai Universitas Diponegoro. Apalagi, trendnya dari waktu ke waktu terus membaik,”kata Muqowam, Rabu (10/3/2021).

Muqowam meyakini cita-cita bersama menjadikan Undip masuk dalam jajaran universitas kelas dunia (world class university) sekaligus sebagai universitas riset yang unggul, sudah makin dekat.

Perlu diketahui, Quacquarelli Symonds (QS) bukan lembaga sembarangan, QS adalah satu-satunya peringkat internasional yang mendapat persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG). Peringkat QS sendiri dipandang sebagai salah satu dari tiga peringkat universitas yang paling banyak dibaca di dunia menurut Alexa Internet. Peringkat perguruan tinggi lainnya yang terkenal adalah Academic Ranking of World Universities (ARWU) dan Times Higher Education World University.

Di tahun ini, setidaknya ada 30 perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam jajaran kampus terbaik di Asia. Sebagian besar di antaranya adalah universitas dan institut negeri, seperti UGM, UI, ITB, ITS, IPB, Undip, Unair, Unpad dan Unbraw. Di deretan universitas terbaik di Asia, Undip ada di peringkat ke-241.