Semarang-Kamis (24/6/2021) merupakan hari keempat pelaksanaan ujian online UM S1 yang digelar oleh Universitas Diponegoro. Ujian online adalah pertama untuk tahun ini. Sebelumnya seleksi jalur UM menggunakan raport dan portofolio.

Ujian online dilaksanakan selama 10 hari yang dimulai pada tanggal 21 Juni hingga tanggal 2 Juli 2021 mendatang. Dari pengamatan mulai hari pertama hingga hari keempat ujian berjalan lancar dan tertib. Dalam satu sesi ujian diikuti kurang lebih 1000 peserta ujian. Menariknya peserta ujian tidak hanya berasal dari dalam negeri. Namun ada juga peserta yang berasal dari luar negeri. Mereka mengikuti ujian online dari masing-masing negara yang mereka tempati saat ini.

Berikut 20 peserta yang mengikuti ujian online UM S1 dari luar negeri:

  1. Belanda berjumlah 2 orang
  2. Jepang berjumlah 2 orang
  3. Malaysia berjumlah 7 orang
  4. Myanmar berjumlah 1 orang
  5. Qatar berjumlah 3 orang
  6. Uni Emirat Arab berjumlah 1 orang
  7. Afika Selatan berjumlah 1 orang
  8. Amerika Serikat berjumlah 2 orang
  9. Turki berjumlah 1 orang

Dalam pelaksanaannya, ujian online UM S1 tahun ini menggunakan aplikasi CAT (Computer Assisted Test) yang didesain oleh tim IT Universitas Diponegoro di bawah arahan Plt. Wakil Rektor III bidang Komunikasi dan Bisnis Undip Dwi Cahyo Utomo, SE.,MA.,Ph.D. Untuk peserta mengerjakan ujian dari rumah masing-masing. Termasuk juga peserta dari luar yang dapat mengikuti ujian online dari negara masing-masing. Ujian diawasi ketat oleh petugas pengawas, untuk itu peserta wajib mengikuti tata tertib yang sudah ditentukan yakni:

  1. Wajib menghidupkan kamera/video zoom saat ujian
  2. Dilarang meninggalkan zoom saat ujian
  3. Dilarang melakukan perjokian, tindakan tidak jujur, dan melakukan kecurangan lainnya
  4. Mengerjakan soal ujian berdasarkan waktu dan alokasi waktu
  5. Yang utama, memastikan jaringan wifi atau kuota mencukupi untuk ujian online

Ujian online UM (Ujian Mandiri) S1 Undip akan berlangsung selama 10 hari. Setiap hari terdapat 3 sesi ujian dan diawasi secara online oleh pengawas mengingat masih masa pandemi. Satu orang pengawas bertugas mengawasi 20 peserta ujian. Ujian online diawasi ketat oleh petugas, sehingga peserta diwajibkan menghidupkan kamera/video zoom untuk dapat dimonitor oleh petugas.

Dwi memastikan bahwa tim IT siap mensupport pelaksanaan ujian online S1 UM Undip. Tim IT sudah disiapkan untuk mengantisipasi jika terjadi kendala teknis. Jaringan yang kuat dan sistem yang terintegrasi dan terkelola dengan baik menjadikan peserta ujian online dari luar negeri dapat mengikuti ujian dengan lancar. (Utami-Humas)

ilustrasi foto

Sumber foto: International Office Universitas Diponegoro