SEMARANG – Program Diploma 3 (D3) Humas PSDKU Universitas Diponegoro (UNDIP) Kampus Batang masih membuka pendaftaran bagi para calon mahasiswa baru untuk Tahun Akademik (TA) 2021/2022 sampai dengan 23 Juli 2021 pukul 12.00 WIB. Pendaftaran jalur ujian mandiri ini bisa dilakukan secara online.

Ketua Prodi D3 Humas PSDKU (Program Studi Di Luar Kampus Utama) Undip Kampus Batang, Dr Adi Nugroho M.Si,  mengatakan Program Studi (Prodi) saat ini sudah memiliki kampus yang representatif dan memadai yang berada di  Bandar, Kabupaten Batang. “Kami juga sudah meluluskan 13 mahasiswa angkatan pertama secara tepat waktu, meski ujian harus dilakukan secara daring,”kata Adi Nugroho, Selasa (13/7/2021).

Dia menambahkan, calon mahasiswa baru yang sudah mendaftar secara sah bisa mencetak  kartu peserta pada rentang waktu 15 Juni – 23 Juli 2021. Sedangkan tes masuk akan diadakan tanggal 25 Juli 2021 pukul 07.30 WIB. Adapun Pengumuman hasil penerimaan akan dilakukan melalui info pengumuman hasil Ujian Mandiri (UM) Undip pada 28 Juli 2021 mendatang. “Tahun Akademik 2021/2022 ini rencananya D3 Humas Kampus Batang akan menerima 75 mahasiwa baru,’’ jelasnya.

Menurut Adi Nugroho, untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini lulusan SMA/SMK cukup mendaftar melalui laman https://pmb.undip.ac.id/jalur-um-psdku/  dengan biaya pendaftaran Rp 300.000. Sedangkan usia maksimal calon pendaftar adalah 25 tahun. Mengenai batasan usia, merupakan ketentuan yang ditetapkan pimpinan universitas untuk Program PSDKU.

Prodi D3 Humas berada dalam naungan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Diponegoro dan berkampus di  Bandar, Kabupaten Batang. Meski dikenal sebagai D3 Humas kampus Undip Batang, namun dalam tiga tahun terakhir ini mahasiswa yang kuliah di D3 Humas hampir sama dengan mahasiswa Undip di kampus utama. mahasiswanya berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Mengenai perkuliahan pada semester pertama TA 2021/2022, sesuai ketentuan dari universitas, program perkuliahan masih harus dilakukan secara daring. Mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan dari tempat tinggal masing-masing. Jika harus berada di kampus untuk suatu keperluan, Adi menyarankan untuk menjaga Prokes. Di Kampus PSDKU Batang selain ruang kuliah juga tersedia sarana pendukung lain seperti free internet untuk para mahasiswa, Perpustakaan, laboratorium serta fasilitas penunjang lain

Yang menarik, Prodi D3 Humas PSDKU Undip selain memberikan ijazah bagi lulusan yang telah lulus ujian Tugas Akhir, mahasiswa juga diberi kesempatan mengikuti uji sertifikat kompetensi Humas yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Untuk mahasiswa angkatan 2018 sudah mengikuti Uji Kompetensi yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi LSP LSPR di Kampus Batang , Desember lalu. Mereka menyandang profesi sebagai professional Humas Muda (Junior PR),”ungkapnya.

Dengan pemilikan sertifikat profesi tersebut, lulusan D3 Humas PSDKU Undip buka saja lulus sebagai ahli madya tetap juga mendapat pengakuan resmi sebagai professional. Perlu diketahui, sertifikat profesi tersebut ditandatangani oleh Ketua LSP LSPR Deddy Irwandy ,M.Si sebagai pihak yang sudah menerima kuasa dari BNSP untuk menerbitkan sertifikat.

Calon pendaftar Prodi D3 Humas Undip juga diyakinkan dengan  telah turunnya SK akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) berupa SK Pemenuhan Syarat Peringkat akreditasi, yang diterbitkan BAN PT, 20 April 2021 lalu. Untuk info lebih lanjut pendaftaran bisa menghubungi nomor whatsapp 081328305758 Rintu/085700923665. (tim humas)