Ananda Yuan Hasna, Wahidatun Nisai Fauziyati, Indrina Nur Khairunnisa, Salsabila Arwa Sajidah, Nursayekti dan Yanuar Anis Budiharja adalah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro yang telah melaksanakan program kerja diantaranya menggelar Webinar dengan Tema Siap Menghadapi Pandemi Covid-19.

Salah satu narasumber acara tersebut adalah Dosen Fakultas Psikologi Undip,  Imam Setyawan S.Spi., M.A. yang membawakan materi mengenai “Tetap Bahagia Bersama Keluarga”. Menurutnya, keluarga adalah unit interaksi dan unit sosial terkecil, ikatan yang dekat dan membahagiakan, sumber penananaman nilai dan pendidikan terkuat serta sumber kekuatan dan kebahagiaan terdekat. Selama masa pandemi tentunya banyak perubahan dan banjir informasi mengenai Covid-19 di semua lini kehidupan, hal tersebut berpotensi menimbulkan stres fisik dan mental yang dapat menganggu kehidupan.

“Ada banyak cara dalam pengelolaan stres di masa tatanan kehidupan baru atau new normal antara lain, melakukan kegiatan yang dapat menghibur diri seperti menonton TV, bermeditasi, atau melakukan olahraga. Ketika mulai merasa stres dan cemas kita dapat mencurahkannya dengan tulisan atau bercerita pada teman dan keluarga yang bisa kita percaya. Kita juga dapat melakukan relaksasi sederhana untuk mengatasi rasa cemas dan stres. Selanjutnya mengelola aktivitas agar tidak melebihi batas dan menimbulkan kelelahan yang berlebihan dengan tetap mengembangkangaya hidup sehat” tuturnya.

Ia menyampaikan bahwa keluarga penyitas Covid-19 adalah keluarga yang memiliki kesadaran dan pemahaman tentang kondisi yang dialami. Keluarga bersama-sama mencari informasi dari sumber terpercaya, mengenai perilaku sakit dan usaha menuju kesembuhan, orang tua dan anggota keluarga lain saling mendukung untuk mempercayai nakes, protokol kesehatan dan prosedur penyembuhan yang harus dijalani. Bersama-sama mengkondisikan rumah sebagai tempat penyembuhan, mencari alternatif aktivitas yang menstimulasi kegembiaraan dan kebahagiaan bersama serta tidak malu menerima dan mencari bantuan/dukungan sosial yang diperlukan.

Selain menyelenggarakan webinar, Ananda Yuan Hasna, dkk juga membuat booklet yang berisi tentang pengetahuan mengenai Covid-19 dan jenis variannya serta, peran orang tua untuk mencegah anak tertular Covid-19, pencegahan penularan Covid-19 pada keluarga melalui protokol kesehatan 5M dan tips mengatasi stress anak di masa pandemi Covid-19. (Linda Humas)