,

Ni Putu Hayu (Lulusan FKM Undip): Jadilah Problem Solver!

“Proses pembelajaran di Undip bukan hanya terbatas pada ruang kelas, namun juga melibatkan pengembangan diri secara menyeluruh, sehingga membuatnya dapat lebih percaya diri untuk menjadi problem solver, pemikir kritis, dan adaptif,” kata Ni Putu Hayu Hayomi Ari Santi, wisudawan Undip periode ke-173 dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan konsentrasi studi Kesehatan Lingkungan.

“Pendidikan harus menjadi prioritas utama, karena dari sini kita bisa mengembangkan pemikiran kritis, kreativitas, dan problem solving yang tentunya sangat esensial ke depannya”, imbuh alumni Undip yang resmi diwisuda pada 2 Februari 2024.

Menurut Putu, sapaan akrab peraih IPK 3,78 (predikat cumlaude) dengan masa studi 4 tahun 4 bulan, berorganisasi di lingkup internal maupun eksternal kampus juga dapat memberikan pengalaman yang tidak ternilai, namun jangan asal mengikuti banyak organisasi jika tidak dapat bertanggung jawab. “Ikuti dan eksplorasi organisasi yang sesuai dengan passion, memberikan dampak positif, dan ruang untuk berkembang, sehingga organisasi ini bisa menjadi tempat yang luar biasa untuk tumbuh dan membangun jaringan sosial yang dapat mendukung karir di masa depan”, tegasnya.

Selama perjalanan akademis, ia merasakan pengalaman eksplorasi intelektual yang luar biasa, terutama di bidang Kesehatan Lingkungan. Walaupun banyak momen dan kesempatan yang terlewatkan akibat pandemi lalu, dirinya tetap bisa mengembangkan pemahaman mendalam dalam bidang studi.

Hingga akhirnya ia mengikuti beberapa kompetisi karya tulis ilmiah, esai, dan infografis skala nasional. Salah satu kebanggaan dirinya berhasil meraih juara pertama dalam lomba esai nasional yang diadakan di tahun 2021. Esai yang membahas mengenai utilisasi VR dalam proses edukasi dan peningkatan coverage vaksinasi COVID-19, yang memperoleh apresiasi dari para juri.

Tertarik masuk Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip? Kunjungi laman: https://fkm.undip.ac.id/ (DHW-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News