Baru saja Rektor Universitas Diponegoro melantik pejabat di lingkungan Universitas Diponegoro pada Jumat (1 Oktober 2021) yang bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di hall Gedung SA MWA kampus UNDIP Tembalang. Sebanyak 15 pejabat dilantik untuk mengemban tugas tambahan sebagai manajer dan supervisor berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro nomor 3904/UN7.P/KP/2021 tentang Pengangkatan Tenaga Kependidikan Dengan Tugas Tambahan Manajer Bagian dan Supervisor Sub Bagian Pada Universitas Diponegoro.

Acara pelantikan dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro, Ketua Senat Akademik, Ketua Wali Amanat dan para Dekan di lingkungan Universitas Diponegoro. Didampingi oleh rohaniawan, para pejabat dilantik dan diambil sumpahnya untuk bersungguh-sungguh menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik. “Selamat atas keberhasilan melalui seleksi yang begitu ketat dan diawasi oleh pengawas yang memiliki kredibilitas tinggi”, ucap Prof Yos sapaan akrab Rektor UNDIP. “Bersungguh-sungguhlah dalam mengemban tugas tambahan ini supaya memberikan berkah untuk keluarga dan kemanfaatan untuk umat”, pesannya. Beliau menekankan ada 3 hal yang mesti dimiliki oleh pegawai dan terkhusus untuk pejabat yang dilantik, yakni integritas, kerja keras dan inovasi.

Integritas adalah pondasi yang membangun diri dan organisasi untuk berkembang, maju dan berakhlak. Integritas meliputi disiplin, taat aturan, jujur dan tidak menyalahgunakan wewenang. Adapun kerja keras dibutuhkan untuk memacu semangat untuk terus meningkatkan skill dan pengetahuan. Yang ketiga adalah inovasi. Terlebih di era disrupsi 4.0 saat ini, dimana semua tatanan telah berubah. Budaya konvensional terganti dengan sistem digital. Perkembangan teknologi tersebut diharapkan juga memacu pegawai sebagai abdi masyarakat untuk terus berinovasi guna memberikan pelayanan yang cepat dan tepat.

Dengan integritas,kerja keras dan inovasi diharapkan dapat menjadikan Tendik terutama yang diberikan amanah untuk mengemban tugas tambahan sebagai manajer dan supervisor menjadi Tendik yang profesional dan berkompeten.

Guna peningkatan skill dan pengetahuan, Universitas Diponegoro memberikan kesempatan bukan hanya kepada dosen, tetapi juga tenaga kependidikan untuk melanjutkan sekolah atau mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UNDIP. “Dengan didukung oleh tenaga tendik yang profesional dan kompeten, Universitas Diponegoro semakin mengukuhkan sebagai universitas riset yang unggul”, pungkasnya. (Utami Humas)